7 Cara Unik Mengolah Nasi Basi Jadi Makanan yang Enak

Nasi adalah makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Karena menjadi makanan pokok nasi selalu ditemui di beberapa wilayah Indonesia. Makanan ini adalah makanan yang wajib tersedia dalam setiap hidangan. Namun, nasi kadang tidak habis dalam sekali makan. Ini menjadi dilema. Pasalnya sayang jika dibuang, tapi tidak tertarik memakannya. Jadi nasi dibiarkan begitu saja bahkan sampai basi.

Terlebih di Indonesia sendiri ada satu kepercayaan pamali buang-buang nasi. Bisa jadi karena itulah nasi goreng tercipta, nasi yang tidak habis dimakan diolah kembali agar lebih seda disantap. Tapi lama-lama makan nasi goreng tentu saja akan bosan. Nah, kami punya beberapa resep olahan nasi sisa agar kamu lebih semangat menyantapnya dan biar nasi tidak mubazir.

1. Mengolah Nasi Sisa Menjadi Pudding

Kalau tidak terbuat dari agar-agar, puding biasanya dibuat dari jeli. Tapi puding nasi? Rasanya masih di negara kita belum begitu popular. Tapi ada lho pudding nasi. Dan ternyata penganan manis ini cocok disantap saat cuaca sedang hujan ini ditemukan pula di belahan bumi lainnya terutama di Asia.

Puding nasi bisa disajikan dalam dua cara, yaitu disajikan sebagai dessert manis untuk disantap selepas makan malam atau disajikan gurih sebagai menu makan malam. Nah, jika kamu punya nasi sisa yang tidak lagi selera untuk di makan, kamu bisa mengolahnya menjadi puding nasi.

Tambahkan saja gula merah dan beberapa kondimen seperti pala, kayu manis dan jahe dan susu. Perpaduan  nasi dan susu yang menyatu memberikan rasa yang creamy dan legit dengan kondimen tersebut memberikan rasa yang puding nasi yang lezat.

2. Bola Nasi Putih Ala Italia

Nasi bekas memang enak disantap dengan digoreng. Tapi agar kamu tidak bosan melihat nasi goreng dengan bumbu yang itu-itu saja. Ada nih resep dari Italia yang bisa kamu terapkan dalam mengolah nasi sisa.

Di negeri pizza tersebut, mereka punya resep yang dinamai arancini, bola nasi dengan isian keju di dalamnya. Bola-bola nasi ini adalah cara seru untuk mengolah nasi sisa yang tidak dimakan lagi. Bola-bola nasi khas negeri para mafia ini sudah ada sejak abad 10.

Nama kudapan ini diambil dari kata arancina yang artinya jeruk kecil. Penamaan ini dilatar belakangi karena bentuknya bola-bola nasi yang memang seperti jeruk dan berwarna oranye.

3. Cireng Nasi

Sekarang kita beralih ke olahan dalam negeri. Di Indonesia cireng adalah jajanan yang sudah sangat terkenal. Tidak hanya di Jawa Barat, camilan gurih yang kini divariasikan dengan berbagai macam bumbu pelengkap ini sudah menjadi camilan popular.

Cireng asalnya terbuat dari tepung tapioka. Tapi cireng juga bisa kamu buat dengan memanfaatkan nasi sisa yang sudah tidak dimakan. Cara membuatnya tidak berbeda dengan membuat cireng pada umumnya. Hanya saja tepung tapioka diganti dengan nasi putih.

Agar cireng nasi semakin sedap, coba deh tambahkan saus atau bumbu. Di Jawa Barat bumbu pelengkap cireng tidak hanya terbuat dari saus cabe saja.

banyak para pecinta kuliner yang berkreasi dengan bumbu lain yang bikin cireng semakin sedap disantap. Bumbu cireng yang cukup adalah bumbu kacang, bumbu rujak dan bumbu sambal cabe hijau.

4. Nasi Panggang Keju

Nah, jika kamu ingin olahan yang sedikit mewah, kamu bisa ikuti resep nasi panggang keju berikut ini. Nasi sisa yang hampir dibuang bisa kamu olah dengan bumbu super enak yang menggoda selera. Kamu jadi berpikir ulang untuk membuang nasi sisa yang sudah tidak membangkitkan selera makan ini.

Baca juga:

Nasi panggang keju mempunyai kesamaan tampilan dengan macaroni schotel yang sempat booming beberapa tahun ke belakang. Kudapan yang dibawa oleh bangsa Belanda ke tanah Hindia Belanda pada awal abad ke-19 ini menjadi begitu popular dan banyak orang yang mempraktikannya.

Nah, jika kamu mempunyai sisa nasi yang tidak dimakan lagi, coba deh buat nasi panggang keju yang  mirip dengan maccaroni schotel ini. Saat ini banyak beredar resep dan kreasi nasi panggang yang bisa kamu tiru.

4. Golden Rice Cake

Bingung resep apalagi yang bisa dipraktekan pada nasi sisa kemarin yang sayang untuk dibuang? Nah, kamu bisa nih coba resep golden rice cake berikut ini.

Golden rice cake yang dibuat dari nasi sisa ini bisa kamu lengkapi dengan saus atau kecap pedas agar rasanya lebih mantap. Agar rasanya lebih menggugah selera, sajikan hangat dan tambahkan saus kecap pedas.

Kudapan ini mempunyai rasa yang lezat dan renyah tapi lembut dalam. Ada sensasi hangat dari jahe dan kondimen lain. Oh ya, buat kamu yang familiar dengan nurunji khas Korea atau hkaka khas Timur Tengah, pasti kamu langsung teringat dengan penganan ini.

Pasalnya kudapan tersebut mempunyai kesamaan dari tampilan dan bahan yang digunakan. Hanya saja bahan utamanya diganti dengan nasi putih. Agar nasi putih lebih menggugah selera, kamu bisa adaptasi resep penganan tersebut.

Baca juga: Olahan Nasi yang Populer dari Berbagai Belahan Dunia

5. Pancake Nasi

Pancake nasi mungkin tidak sepopular pancake tepung yang disiram saus manis. Tapi pancake nasi berikut ini tidak kalah lezat dibanding pancake lainnya. Pancake nasi dari sisa kemarin ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan berupa sayuran yang cocok buat kamu yang menjaga pola makan sehat.

Tapi jangan kaget. Pasalnya meskipun namanya pancake, tapi dari tampilannya lebih mirip bakwan. Meskipun bukan camilan mewah, namun camilan ini akan menyelamatkan nasi sisa kemarin agar membuat orang berselera untuk menghabiskannya.

6. Nasi Putih Jadi Pakora, Bakwan Khas India

India juga punya bakwan lho. Namun, bahan yang digunakannya berbeda. Bakwan Indonesia terbuat dari tepung dan potongan sayuran seperti wortel, kol, daun bawang dan atau jagung. Nah, kalau bakwan India beda lagi.

Bakwan khas negeri Bollywood ini punya resep yang sama sekali berbeda. Yang pasti bahan utamanya kamu ganti dengan nasi putih. Nah, kalau kamu punya nasi putih sisa, coba deh buat bakwan khas India. Tambahkan saja dengan potongan sayuran bawang-bawang agar aromanya sedap.

Di India, pakora terdiri dari beberapa jenis. Ada pakora bawang ada pula pakora sayuran. Yang paling terkenal adalah pakora bawang. Sementara pakora sayuran lebih banyak disajikan di restoran India utara. Nah, silahkan adaptasi resep pakora khas India yang kamu suka.

7. Kerupuk Gendar Nasi

Kamu pasti sering mendengar camilan yang terbuat dari nasi putih ini. Kerupuk gendar, di daerah Jawa Barat dan Jawa Timur atau Jawa Tengah adalah camilan yang sudah popular. Eyang atau nenek biasanya ahli membuat gendar.

Membuat gendar dari nasi putih sisa memang opsi yang sudah merakyat. Pasalnya eyang atau nenek selalu mengolah nasi putih ini ketika ada nasi putih yang tidak habis dimakan. Kerupuk yang juga terkenal di kota Wonosobo ini tidak banyak menggunakan bahan-bahan untuk membuatnya.

Nasi putih dan beberapa bumbu seperti ketumbar dan bawang saja sudah cukup memberi rasa gurih yang pas. Selain sebagai camilan, kerupuk gendar biasa dijadikan sebagai suguhan untuk tamu yang berkunjung ke rumah.

Nah, kalau kamu suka camilan renyah dan gurih untuk disantap di saat kamu ingin ngemil, kamu bisa buat gendar dari nasi sisa yang masih ada.

Kerupuk gendar bisa kamu simpan dalam toples kedap udara agar kerupuk tidak melempem dan tetap lezat disantap. Kamu bisa gunakan kerupuk gendar sebagai suguhan saat ada tamu berkunjung ke rumah.

Mudah ya? Ternyata nasi sisa yang mungkin hampir basi bisa kamu oleh kembali menjadi penganan super lezat yang bisa menggugah selera.

Jadi jika kamu punya nasi yang tersisa jangan dibuang dulu ya. Kami sudah rangkum beberapa resep yang dijamin enak dan mudah diikuti. Resep-resep tersebut bisa kamu sajikan saat berkumpul dengan keluarga. Silahkan dicoba.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *