Perayaan Idul Fitri 1442 H di Aceh Barat sesuai keputusan pemerintah

Artinya, tidak ada perbedaan waktu hari raya di masyarakat

Meulaboh (ANTARA) – Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah di Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh sesuai dengan ketetapan pemerintah melalui Kementerian Agama yaitu jatuh pada 13 Mei 2021.

“Alhamdulillah, Hari Raya Idul Fitri tahun ini berlangsung sesuai dengan ketetapan pemerintah. Artinya, tidak ada perbedaan waktu hari raya di masyarakat,” kata Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Barat Muhammad Isa di Meulaboh, Kamis (13/5).

Menurutnya, pada tahun 2019 dan tahun 2020, perayaan Hari Raya Idul Fitri di Kabupaten Aceh Barat mengalami perbedaan karena sebagian masyarakat merayakan sesuai dengan ketetapan pemerintah.

Baca juga: Dua warga Aceh Barat positif COVID-19 saat Idul Fitri

Sedangkan sebagian masyarakat lainnya di Aceh Barat merayakan Hari Raya Idul Fitri sesuai dengan keputusan ulama dayah di Aceh, yang menetapkan satu Syawal berbeda dengan pemerintah. 

Meski dirayakan secara bersamaan pada tahun ini, kata Muhammad Isa, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menyambut baik keputusan tersebut, karena perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah berlangsung secara serentak dan tidak ada perbedaan pendapat dari kalangan ulama.

Baca juga: Khatib Shalat Id di Aceh ajak masyarakat lawan pandemi COVID-19

Baca juga: Lapas di Aceh tidak layani kunjungan Lebaran cegah COVID-19

Pihaknya juga mengakui pelaksanaan ibadah Shalat Id di setiap masjid di Aceh Barat oleh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Masyarakat juga terpantau memiliki kesadaran yang tinggi untuk menghindari penularan COVID-19, karena memakai masker saat melaksanakan ibadah ke masjid.

“Meski merayakan Lebaran di tengah pandemi COVID-19, antusias masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan masih sangat tinggi,” kata Muhammad Isa.

Baca juga: Ribuan umat Islam di Nagan Raya Aceh sudah rayakan Idul Fitri

Baca juga: Pemerintah Aceh ganti pawai takbir dengan takbir di masjid

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *