Empat Tips Aman Bermotor saat Silaturahmi Lebaran

Suara.com – Pada saat hari raya Idul Fitri atau Lebaran tiba ada tradisi yang untuk bersilaturahmi ke keluarga, sanak saudara maupun tetangga. Silaturahmi merupakan agenda utama pada saat Lebaran dengan tujuan untuk menjaga tali persaudaraan.

Demi alasan kepraktisan, sepeda motor menjadi pilihan utama alat transportasi untuk menempuh jarak yang tidak terlampau jauh.

Namun tentu saja keselamatan tetap menjadi hal yang diutamakan. Dalam keterangan resminya, Yamaha membagikan 4 tips aman berkendara jika harus bersilaturahmi menggunakan sepeda motor:

1. Memakai perlengkapan berkendara yang sesuai
Meski jarak yang akan ditempuh tidak terlalu jauh, tetap gunakan perlengkapan berkendaraa agar anggota keluarga aman dan nyaman terlindung dari cuaca seperti sinar matahari yang terik. Jadi selama perjalanan wajib menggunakan jaket, celana panjang, sarung tangan, sepatu dan helm standar SNI.

Baca Juga: NgabubuTips: Mau Beli Motor Bekas? Ini 6 Tips Aman Biar Tak Salah Pilih

2. Atur posisi berkendara dengan baik
Apabila bersama dengan anak sangat disarankan anak untuk berada di belakang pengemudi. Posisi anak yang berada di depan pengemudi dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara. Selain itu apabila di anak berada di depan akan terkena langsung hembusan angin dan debu.

3. Mengemudi secara nyaman
Mengatur kecepatan kendaraan bermotor sesuai eco indicator akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Perlu diperhatika kondisi berboncengan, pengemudi harus mengatur putaran gas secara konstan, menjaga akselerasi dan pengereman yang lembut akan membuat pembonceng merasa nyaman.

4. Patuhi peraturan lalu lintas
Sebagai orang tua kita juga wajib memberian contoh yang baik kepada anak. Salah satunya dengan mematuhi rambu rambu dan peraturan lalu lintas yang berlaku. Hal ini juga penting untuk keselamatan kita selama perjalanan.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *