10 Game Ice Breaking untuk Hilangkan Ketegangan

Menjadi panitia untuk sebuah acara dengan jumlah peserta cukup banyak memerlukan keahlian tersendiri. Keahlian pertama yang harus dimiliki adalah pandai mengatur para peserta agar tetap tertib, keahlian kedua adalah pandai menyiasati agar seluruh peserta bisa mulai fokus pada acara itu sendiri dan yang ketiga, sebagai panitia kita perlu tahu beberapa cara untuk mencairkan suasana. 

Keahlian ketiga sangat dibutuhkan terutama ketika para peserta yang hadir tidak saling kenal sebelumnya. Bagaimana pun suasana yang santai,akan membuat sebuah acara berjalan menyenangkan. Termasuk suasana yang terbangun antara peserta dan peserta. Di antara beberapa trik yang bisa Anda gunakan untuk membuat suasana lebih akrab, memainkan game ice breaking adalah yang paling efektif dan bisa dicoba.

Jumlah game ice breaking sangat banyak dan bervariasi. Masing-masing memiliki output atau tujuan yang ingin dicapai. Entah untuk mengakrabkan antara satu peserta dan lainnya atau menumbuhkan rasa nyaman terhadap acara. Apa pun itu satu hal yang pasti adalah permainan semacam ini akan banyak membantu Anda sebagai panitia. Apa saja permainan yang bisa dicoba? Berikut pilihannya!

1. Tawa Perkenalan

Melalui permainan ini, para peserta diharapkan dapat saling berkenalan tanpa ada perasaan canggung. Perkenalan dikemas dengan menarik hingga bisa membuat para peserta terhibur dan tertawa. Bagaimana memainkan permainan ini? Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur peserta untuk membuat sebuah lingkaran.

Selanjutnya minta mereka mengeluarkan selembar kertas dan ballpoint lalu perintahkan peserta menuliskan nama mereka di bagian atas. Kemudian lipat kertas tersebut dengan nama yang sudah ditulis tadi terletak di bagian dalam. Setelah itu, tukarkan ke peserta lain yang ada di sebelah kiri masing-masing. 

Setelah peserta memegang kerta yang berbeda, perintahkan mereka untuk membuka dan menuliskan satu kata kerja di bawah tulisan nama yang sudah tersedia. Lalu lipat dan tukarkan kembali. Lakukan perintah dalam tempo yang semakin cepat sehingga peserta akan lebih spontan menulis. Selanjutnya minta mereka menuliskan satu kata benda dan selanjutnya hal yang sama. 

Teruskan permainan hingga Anda menemukan satu orang yang terlihat memegang dua kertas atau kebingungan. Minta dia maju ke depan dan membacakan tulisan dalam kertas. Panggil nama yang ada di kertas tersebut kemudian perkenalan pun bisa dimulai. Tulisan di dalam kertas bisa bermacam-macam dan akan lucu karena disusun oleh orang yang berbeda serta dalam waktu cepat. Coba saja!

2. Strip Seven

Dalam game ice breaking bernama Strip Seven, peserta akan dilatih untuk berkonsentrasi dan memerhatikan temannya yang lain. Caranya minta para peserta membuat lingkaran kemudian berhitung (dengan lantang) searah jarum jam. Pada hitungan ke tujuh, peserta menggantinya dengan tepukan tangan. Hitungan dimulai kembali dari satu dan diteruskan oleh peserta selanjutnya. Lakukan hal ini berulang-ulang.

Setelah dirasa terbiasa, Anda bisa menaikan tempo permainan dengan cara meminta peserta melanjutkan hitungan dan tetap menepuk tangan jika sudah lipatan ke tujuh. Misalnya menghitung 1 hingga 6 lalu 7 diganti tepuk tangan, lanjutkan ke hitungan 8 hingga 13 lalu hitungan 14 diganti dengan tepuk tangan begitu seterusnya 

Lebih rumit lagi, Anda bisa memerintahkan siapa pun peserta yang kebagian menyebut angka dengan unsur 7, misalnya 17, 27, 37, 47, dst untuk menggantinya tepukan tangan. Lalu lihat berapa peserta yang gagal dan beri mereka hukuman yang menyenangkan.

3. Kisah Angka-Angka

Pada permainan Kisah Angka-angka, peserta diminta mengingat angka sebagai identitasnya. Jadi ketika suatu angka disebut dia harus berdiri. Caranya, atur peserta membantu lingkaran. Perintahkan mereka untuk berhitung sampai habis. Ingatkan peserta untuk menghafal angka yang mereka sebutkan, sebab itu akan menjadi pengganti namanya.

Dalam permainan ini sebelumnya sebagai panitia Anda sudah harus menyiapkan sebuah cerita yang banyak berisi angka. Jika kesulitan mengarang, Anda bisa pakai cerita yang sudah ada dan mengganti beberapa kata menggunakan angka. Lihat ada berapa yang konsentrasi. Untuk peserta yang gagal, hukuman bisa diserahkan pada peserta lainnya.

4. Harimau Makan Harimau

Permainan ini akan membuat peserta melakukan skin ship atau bersentuhan. Jika ada peserta yang tidak bisa melakukannya, Anda bisa memintanya memisahkan diri. Jika tidak, Anda bisa membagi kelompok berdasarkan jenis kelamin. Lanjutkan dengan mengatur mereka hingga membentuk lingkaran dengan mengangkat kedua tangan ke samping.

Baca juga:

Tangan kanan berada dalam keadaan terbuka, sementara tangan kiri dalam keadaan seperti menunjuk sesuatu. Permainan dimulai ketika Anda membacakan sebuah cerita yang mengandung banyak kata ‘harimau’. Setiap mendengar harimau, tangan kanan yang terbuka harus segera menangkap jari telunjuk teman di sebelahnya.

Siapa yang jarinya tertangkap, harus menerima hukuman. Dalam permainan ini peserta diminta untuk bergerak secara cepat guna melindungi telunjuknya dari tangkapan lawan. Anda akan melihat kelucuan karena gerakan tangan yang berputar ke sana ke mari menghindari tangan temannya.

5. Jika Maka

Game ice breaking selanjutnya yang bisa Anda coba bernama Jika Maka. Sesuai namanya, permainan ini mengharuskan Anda untuk membagi peserta dalam dua kelompok, yaitu kelompok Jika dan kelompok Maka. Sebelumnya, minta mereka menyiapkan selembar kertas dan ballpoint.

Selanjutnya perintahkan kelompok ‘Jika’ menulis beberapa kalimat berawalan ‘jika’, sementara kelompok ‘Maka’ diminta menulis beberapa kalimat berawalan ‘maka’. Apabila sudah selesai, minta perwakilan kelompok untuk maju ke depan. Anda pun bisa memulai permainan.

Caranya, cukup memberi perintah menggunakan kata ‘BACA!’ kepada kelompok ‘Jika’ terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan secara cepat oleh kelompok ‘Maka’. Dari sini akan terlihat kelucuan-kelucuan karena kalimat yang disusun pasti akan cukup aneh. Pemenang dari permainan ini adalah siapa saja yang bisa membuat kalimat terdengar cocok.

Baca juga: Pertanyaan Truth or Dare untuk Sahabat yang Paling Seru

6. Ekor Naga

Permainan Ekor Naga ini lebih seru dilakukan di ruangan terbuka. Pasalnya peserta lebih bisa bergerak secara bebas. Bagaimana Ekor Naga berjalan? Pertama bagi dua kelompok sama rata. Minta mereka berbaris ke belakang. Setelah itu dua kelompok ini harus berhadapan. Peserta yang berada paling depan berperan sebagai kepala naga, sementara peserta yang paling belakang menjadi ekornya.

Di sini sang kepala naga dan bagian tubuh lainnya, berusaha sekuat tenaga melindungi sang ekor. Kelompok harus bergerak lincah terutama sang kepala naga, karena arah gerakannya akan diikuti oleh peserta yang lain di belakang. Jangan lupa minta peserta untuk saling memegang baju atau pinggang karena jika sampai terlepas, kelompok tersebut akan kalah.

7. Serahkah Barangmu!

Game ice breaking yang tidak kalah seru dan pasti mengundang gelak tawa adalah Serahkan Barangmu! Cara bermainnya sangat mudah, minta peserta membentuk lingkaran, posisikan diri Anda ada di tengah mereka, karena Anda akan menunjuk peserta secara langsung untuk berhitung. Setiap mencapai angka 7 peserta diharuskan berjongkok. Begitu pun dengan kelipatanya.

Siapa saja peserta yang gagal berkonsentrasi, diwajibkan menyerahkan barangnya dan mengumpulkannya di tengah lingkaran. Apakah sepatu, topi, gelang, ikat pinggang, kaos kaki atau apa pun yang ada di tubuh mereka. Peserta yang konsentrasinya rendah tentu saja akan kehilangan banyak barang dan membuat peserta lain tertawa.

8. Membuat Patung

Game ice breaking ini cocok digunakan jika peserta tidak terlalu banyak. Nama permainannya adalah Membuat Patung. Pertama, Anda harus membagi peserta menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas dua orang. Satu orang bertindak sebagai pembuat patung, satu peserta lagi berperan sebagai patungnya.

Minta si calon patung untuk maju ke depan dan si pembuat patung tetap duduk di tempatnya. Posisikan mereka secara sejajar agar lebih mudah berkomunikasi. Selanjutnya beri perintah kepada si pembuat patung untuk bebas mengatur gaya bagi calon patungnya. Misalnya boleh minta si calon patung untuk menengok ke arah kiri agak miring, mengangkat satu kaki, mata terpejam, mulut dimonyongkan, dan lain-lain. 

Gaya yang berbeda dari tiap patung pasti akan sangat lucu sekaligus mengesalkan bagi si patung. Namun, percaya saja selama tidak melampaui batas, permainan ini tidak akan membuat peserta merasa tidak nyaman, karena tujuannya memang untuk mencairkan suasana.

9. Mengisi Galon

Dalam game ice breaking Mengisi Galon Anda harus menyiapkan beberapa peralatan. Antara lain ember berukuran sedang berisi air, galon kosong, dan beberapa potong bambu yang sudah dibelah dua. Selanjutnya Anda harus membagi peserta ke dalam dua kelompok. Setelah itu perintahkan mereka untuk mengisi galon menggunakan bahan-bahan yang sudah disediakan.

Caranya? Masing-masing peserta memegang bambu dan menyambungkannya hingga bisa dialiri air. Semakin mendekati galon, peserta yang memegang bambu harus menyesuaikan agar air bisa masuk ke dalamnya. Sementara peserta yang memegang ember dan air, harus memosisikan dirinya lebih tinggi agar air bisa mengalir.

Kelompok mana yang berhasil mengisi galon lebih cepat merekalah pemenangnya. Permainan ini terdengar mudah, tapi bisa membangun kerjasama antara peserta. Hanya, setelah permainan ini selesai, peserta pasti akan basah kuyup karena ikut tersiram air. 

10. Adu Panjang

Adu Panjang termasuk salah satu game ice breaking yang juga mampu meningkatkan kerjasama antara peserta. Dalam permainan ini, peserta yang sudah dibagi menjadi beberapa kelompok diminta untuk saling adu panjang barisan. Sebelumnya mereka harus berbaris ke belakang. Minta mereka berlomba-lomba memanjangkan barisan. Katakan terserah mau menggunakan cara dan benda apa.

Para peserta biasanya akan langsung merespon dengan melepas barang-barang yang menempel di tubuhnya untuk memperpanjang barisan. Seperti menjejerkan sepatu memanjang ke belakang, melepas tali sepatu agar barisan lebih panjang lagi, dan sebagainya. Barisan siapa yang terpanjang, kelompok itu yang jadi pemenang.

Sepuluh game ice breaking di atas, bisa Anda coba untuk keperluan berbagai acara yang melibatkan banyak orang. Dari semua permainan di atas, tujuannya satu yaitu meningkatkan kenyamanan dan kerjasama para peserta, sehingga muncul keterikatan, fokus, saling mengenal dan menghargai. Siap untuk mempraktikkannya nanti? Selamat bersenang-senang!

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *