Sebagian laga dua pekan akhir Liga Spanyol boleh dihadiri penonton

Jakarta (ANTARA) – Sebagian pertandingan dua pekan terakhir Liga Spanyol musim ini boleh dihadiri penonton secara langsung di stadion setelah pemerintah setempat memberikan izin dengan persyaratan ketat.

Menteri Olahraga Spanyol Jose Manuel Uribes pada Rabu waktu setempat mengumumkan wilayah-wilayah yang memiliki tingkat infeksi COVID-19 rendah dengan acuan kurang dari 50 kasus per 100 ribu warga akan diperbolehkan mendatangkan maksimal 5.000 penonton di dua putaran akhir musim.

Dengan demikian stadion-stadion di wilayah Valencia dan Galicia akan mendapat izin untuk menggelar pertandingan dengan penonton nantinya, yang diwajibkan menggunakan masker sepanjang laga.

“Bagaimana penonton dipilih, semua kembali ke klub, apakah berdasar undian atau sistem yang mendahulukan warga senior,” kata Uribes dilansir Reuters, Kamis dini hari WIB.

“Ini langkah awal dari rencana panjang, kunci bagi kita semua untuk memulai lagi,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Koeman akui bakal kehilangan pekerjaan usai timnya ditahan Levante

Menteri Kesehatan Carolina Darias menyatakan tim-tim lain juga akan diizinkan mendatangkan penonton, bilamana wilayah markas mereka bisa menekan angka infeksi 50 kasus per 100 ribu warga.

Kendati demikian, hanya suporter tuan rumah yang diperbolehkan menghadiri pertandingan dengan syarat tambahan wajib selalu menggunakan masker dan menjalani pemeriksaan temperatur sebelum memasuki stadion.

Mereka yang berada di tribun juga dilarang makan minum maupun merokok sepanjang pertandingan.

Kebijakan baru tersebut tidak mempengaruhi tim-tim tiga teratas yang masih bersaing dalam perburuan juara yakni Atletico Madrid, Barcelona dan Real Madrid, sebab mereka tidak bermain di Valencia ataupun Galicia akhir pekan ini.

Baca juga: Real Betis masuk zona Liga Europa setelah taklukkan Granada

Sedangkan Sevilla, yang masih punya peluang tipis, bakal tampil di hadapan penonton langsung, saat melakoni laga tandang kontra Villarreal pada Minggu (16/5).

Pertandingan Valencia menjamu Eibar akhir pekan ini jadi satu laga lainnya yang boleh dihadiri penonton.

Sedangkan untuk pekan pemungkas yang bergulir 23 Mei, tiga pertandingan bakal bisa dihadiri penonton yakni Elche vs Athletic Bilbao, Levante vs Cadiz dan Celta Vigo vs Real Betis.

Laga Valencia vs Eibar di Mestalla dan Villarreal vs Sevilla di Ceramica, akan menjadi dua pertandingan pertama yang menghadirkan langsung penonton di stadion sejak pandemi COVID-19 pecah di Spanyol lebih dari setahun lalu.

Jumlah penonton di stadion dipastikan akan bertambah pada musim panas nanti, mengingat timnas Spanyol bakal memainkan tiga pertandingan penyisihan Grup E EURO 2020 di Stadion La Cartuja, Sevilla, dengan batas sekira 16 ribu penonton.

Baca juga: Muenchen gelar EURO dengan 14.500 penonton, Sevilla tuan rumah baru
Baca juga: Ditahan imbang Sevilla, Real Madrid gagal puncaki klasemen
Baca juga: Valencia aman di La Liga, Eibar menang tapi tetap juru kunci

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *