Libur Lebaran 2021, Ini Daftar Layanan Tambahan Bus TransJakarta

Suara.com – Bagi para pengguna moda transportasi umum di Ibu Kota Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap membuka layanan angkutan umum bus TransJakarta di Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Adapun ketentuan operasional tetap mengacu pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Yaitu jumlah pengguna 50 persen dari kapasitas normal, dan bus gandeng hanya diisi maksimal 60 penumpang.

Sardjono Jhony Tjitrokusumo, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta mengatakan pihaknya menambah 11 layanan khusus di hari Lebaran. Tujuannya untuk mengantisipasi lonjakan pelanggan di beberapa lokasi pariwisata di Jakarta.

“Layanan ini akan melayani pelanggan selama tiga hari mulai 14-16 Mei 2021 dan beroperasi mulai pukul 05.00 – 19.00 WIB,” ujar Sardjono Jhony Tjitrokusumo, dalam keterangan tertulis, Kamis (13/5/2021).

Baca Juga: Film Terbaik Oscar 2021: Nomadland, Pakai Mobil RV untuk Bertahan Hidup

 Bus Transjakarta yang disediakan untuk mengantar penumpang ke stasiun terdekat di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Rabu (5/5/2021). [Suara.com/Dian Latifah]
Bus Transjakarta yang beroperasi ke stasiun terdekat dari kawasan Tanah Abang, Jakarta. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Dian Latifah]

Selain itu, pengoperasian TransJakarta juga mengacu pada Seruan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengendalian Aktivitas Masyarakat dalam Pencegahan Covid-19 pada Masa Libur Idul Fitri 1442 H.

Menyesuaikan dengan regulasi itu, pihaknya juga melakukan penyesuaian pada jam operasional, karena akan melayani masyarakat lebih lambat dibandingkan biasanya.

Tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada karyawan TransJakarta agar bisa Salat Ied terlebih dahulu.

“Transjakarta baru mulai beroperasi pada pukul 09.00 WIB,” kata Sardjono Jhony Tjitrokusumo.

Kebijakan ini berlaku Rabu – Minggu (12 – 16/5/2021). Lalu jam operasional Transjakarta akan dipangkas dan hanya melayani pelanggan hingga pukul 21.30 WIB.

Baca Juga: Tahun Depan, SUV BMW Bertenaga Hidrogen Siap Meluncur

“Sementara untuk layanan medis akan tetap beroperasi hingga pukul 23.00 WIB,” tuturnya.

Dalam operasionalnya, pihaknya juga tetap memberlakukan pembatasan jumlah pelanggan yakni 50 persen dari kapasitas normal dengan ketentuan bus gandeng hanya boleh diisi maksimal 60 pelanggan, bus sedang maksimal 30 pelanggan, bus kecil maksimal 15 pelanggan dan lima orang pelanggan.

“Kami mengimbau seluruh pelanggan untuk tetap mematuhi semua prosedur yang berlaku, khususnya ketika menggunakan layanan Transjakarta,” pungkasnya.

Berikut 11 layanan tambahan yang dioperasikan TransJakarta:

  1. Pulogadung 2 – Ragunan (4H)
  2. PGC 1 – Ancol (5D)
  3. Harmoni – Ancol (5H)
  4. Ragunan – Tosari (6)
  5. Stasiun Manggarai – Ragunan (6F)
  6. Kampung Rambutan – Ancol (5E)
  7. Ragunan – Blok M via Kemang (6N)
  8. Ragunan – MRT Fatmawati (6R)
  9. Pancoran – TMII (7D)
  10. Ragunan – Departmen Pertanian (GR3)
  11. Puri Beta – Ragunan (13D)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *