Review ASUS VivoBook Flip 14 (TP470): Laptop Convertible Powerful dengan Intel Iris Xᵉ Max Graphics

Laptop convertible kian disukai banyak pengguna karena sifatnya yang multifungsi bisa diubah menjadi tablet dan lainnya. Salah satu produk laptop convertible yang layak menjadi incaran adalah ASUS VivoBook Flip 14 (TP470).

Perangkat ini mulai diperkenalkan di Indonesia pada akhir Maret 2021 dan kini sudah bisa dibeli oleh konsumen. Ini adalah laptop convertible yang sangat fleksibel dan ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core. ASUS VivoBook Flip 14 (TP470) juga merupakan laptop serba guna yang dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan, khususnya mereka yang suka menggunakan tablet dan stylus.

Dukungan produktivitas dihadirkan pula ASUS VivoBook Flip 14 (TP470) sebagai salah satu laptop yang hadir dengan full version Microsoft Office Pre-Installed. Bisa langsung dipakai, tidak perlu repot berlangganan atau membeli secara terpisah. Selain itu, banyak fitur dan kemampuan yang ditawarkan oleh perangkat ini. Selengkapnya, simak ulasan laptop ASUS VivoBook Flip 14 (TP470) berikut ini.

Desain Convertible ASUS VivoBook Flip 14 (TP470)

ASUS VivoBook Flip 14 (TP470) desain Laptop convertible memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis clamshell tradisional. Salah satunya tentu saja memiliki desain yang lebih fleksibel dengan layar yang dapat diputar hingga 360 derajat. Kemampuan tersebut membuat laptop convertible dapat difungsikan menjadi sebuah tablet.

Keunggulan selanjutnya adalah fitur layar sentuh. Karena laptop convertible sudah pasti dapat difungsikan layaknya sebuah tablet, layar laptop tersebut harus menggunakan teknologi layar sentuh. Teknologi layar sentuh pun tidak hanya berguna ketika laptop convertible digunakan pada mode tablet. Pada mode standarnya, layar sentuh tetap sangat berguna apalagi ketika Anda sedang tidak menggunakan mouse.

Setidaknya dua keunggulan tersebut membuat laptop convertible semakin menarik untuk dimiliki. Didukung oleh sistem operasi Windows 10 yang semakin solid, input sentuhan jari serta dukungan stylus di laptop convertible modern pun semakin dapat memanjakan penggunanya.

Laptop convertible juga identik dengan portabilitas karena selalu dibawa bepergian ataupun untuk berbagai keperluan. Oleh karena itu, ASUS VivoBook Flip 14 (TP470) pun dirancang dengan desain kompak. Laptop ini hadir dengan bodi yang ketebalannya hanya 18,7mm dan memiliki bobot hanya 1,5Kg.

Dengan demikian, VivoBook Flip 14 (TP470) semakin mudah dibawa bepergian. Karena bentuknya yang ringkas, VivoBook Flip 14 (TP470) juga cocok digunakan untuk bekerja atau berkarya di café serta tempat-tempat lainnya di luar kantor dan rumah.

Ingin konferensi video dengan Zoom Meeting atau platform lainnya? Terdapat kamera HD 720 p yang mendukung kebutuhan tersebut. Sayangnya kamera belum dilengkapi switch penutup fisik untuk menjaga privasi. Sepertinya ini karena pengaruh bodinya yang lebih mementingkan ketipisan desain.

Layar

ASUS VivoBook Flip 14 (TP470) layar ASUS VivoBook Flip 14 (TP470) merupakan sebuah laptop convertible sehingga layarnya dapat diputar hingga 360 derajat. Berkat kemampuan tersebut, VivoBook Flip 14 (TP470) dapat digunakan layaknya sebuah tablet atau kanvas digital. VivoBook Flip 14 (TP470) juga hadir dengan stylus khusus di paket penjualannya sehingga penggunanya langsung dapat berkarya dengan nyaman.

Layar VivoBook Flip 14 (TP470) menggunakan panel IPS beresolusi Full HD yang cocok untuk berbagai kegiatan. Layarnya juga didukung teknologi layar sentuh (touchscreen) serta dirancang agar tahan untuk diputar hingga 20.000 kali buka-tutup. Tingkat durabilitas pada engsel VivoBook Flip 14 (TP470) tersebut mematahkan pandangan bahwa laptop convertible memiliki engsel yang ringkih.

Keunggulan lain dari layar VivoBook Flip 14 (TP470) adalah bezel-nya yang sangat tipis. Menggunakan teknologi NanoEdge Display, VivoBook Flip 14 (TP470) dapat tampil dengan bezel tips sehingga memiliki screen-to-body ratio hingga 82%. Berkat bezel yang tipis, dimensi keseluruhan VivoBook Flip 14 (TP470) dapat dipangkas sehingga laptop ini menjadi lebih ringkas. Laptop yang ringkas berarti lebih portabel dan semua orang tentu lebih suka dengan laptop yang portabel dan mudah dibawa bepergian.

Disertai Stylus Khusus

ASUS VivoBook Flip 14 (TP470) stylus Dalam paket penjualannya, ASUS VivoBook Flip 14 (TP470) juga dilengkapi dengan stylus khusus. Namun berbeda dengan yang ada di laptop premium ZenBook, ASUS Pen yang melengkapi VivoBook ini tidak bersifat magnetik. Untungnya, ASUS menyediakan slot magnet yang bisa ditempel pada cover belakang layar laptop. Cover belakang laptop yang terbuat dari metal ini terasa kokoh melindungi body sekaligus membuatnya tampak lebih keren.

Nah, keberadaan stylus ini sangat penting bagi yang ingin menggunakan VivoBook Flip 14 (TP470) sebagai kanvas digital. Karena bisa untuk berkarya karena stylus tersebut dapat mensimulasikan tekananan pena saat menggambar.

Stylus tersebut mendukung fitur pressure input serta kompatibel dengan teknologi Windows Ink. Memang jika dibandingkan dengan stylus di Galaxy Note 20, masih belum sepadan. Namun kualitasnya terbilang sudah mumpuni. Memenuhi kebutuhan pengguna yang ingin berkarya dengan mencoret-coret di kanvas digital langsung di layar laptop.

Software pendukung

Sementara bagi yang hanya ingin menggunakan VivoBook Flip 14 (TP470) sebagai perangkat penunjang produktivitas sehari-hari, ASUS telah menyediakan bundling software Office Home & Student 2019 secara cuma-cuma. Penggunaan aplikasi Office dapat memastikan pengguna VivoBook Flip 14 (TP470) untuk selalu memiliki akses ke fitur yang telah dikenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data pengguna VivoBook Flip 14 (TP470).

Selain dilengkapi dengan bundling software Office orisinil, VivoBook Flip 14 (TP470) juga dilengkapi dengan fitur keamanan biometrik menggunakan sensor sidik jari atau fingerprint. Selain membuat VivoBook Flip 14 (TP470) lebih aman, fitur yang juga telah terintegrasi dengan Window Hello tersebut memungkinkan Anda untuk login ke dalam sistem Windows 10 hanya dengan menggunakan sidik jari sehingga lebih simpel dan mudah ketimbang mengetikkan password.

Artikel terkait

Konektivitas Lengkap 

ASUS VivoBook Flip 14 TP470 port VivoBook Flip 14 (TP470) merupakan laptop modern yang telah dilengkapi dengan fitur konektivitas terkini. Selain dibekali dengan USB Type-C dan Type-A, ketiga laptop tersebut juga tetap hadir dengan port HDMI sehingga dapat dihubungkan dengan layar eksternal secara mudah.

VivoBook Flip 14 (TP470) telah dilengkapi dengan modul WiFi 6 (802.11ax) terbaru untuk konektivitas nirkabel terbaik. WiFi 6 memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi serta stabil dari pendahulunya. Menggunakan WiFi 6 membuktikan bahwa seri VivoBook terbaru kali ini siap untuk digunakan untuk mendukung aktivitas serta keseharian para kreator muda yang dinamis dan mobile.

ASUS VivoBook Flip 14 (TP470) juga telah hadir dengan konektivitas Thunderbolt 4 melalui USB Type-C. Thunderbolt 4 merupakan konktivitas modern yang menawarkan kecepatan transfer data yang sangat tinggi serta dapat digunakan sebagai display output dengan dukungan untuk monitor beresolusi hingga 8K. Selain itu, port Thunderbolt 4 di VivoBook Flip 14 (TP470) terbaru juga mendukung fitur power delivery yang artinya laptop ini dapat diisi daya baterainya menggunakan adapter power delivery yang menggunakan USB Type-C.

Port Thunderbolt 4 di VivoBook Flip 14 (TP470) bukan hanya sekadar tampil sebagai sarana untuk menghubungkan VivoBook Flip 14 (TP470) dengan monitor tambahan atau adapter charger yang mendukung fitur power delivery. Thunderbolt 4 merupakan protokol transfer data terbaru menggunakan interface USB Type-C yang memiliki kecepatan hingga 40Gbps. Dengan kecepatan tersebut berbagai perangkat modern berperforma tinggi dapat dihubungkan ke VivoBook Flip 14 (TP470), seperti penyimpanan dan adapter network berkecepatan tinggi, hingga external GPU enclosure yang memungkinkan laptop ini dihubungkan dengan kartu grafis eksternal.

Kinerja Diperkuat Intel Iris Xᵉ Max Graphics

ASUS VivoBook Flip 14 (TP470) adalah laptop convertible pertama buatan ASUS yang mengadopsi chip grafis Intel Iris Xᵉ Max Graphics. Ini tentu sebuah pencapaian bagi laptop mainstream seperti VivoBook Flip 14. Intel Iris Xᵉ Max Graphics merupakan chip grafis terbaru yang menjanjikan performa lebih powerful dibandingkan dengan chip grafis lain yang digunakan oleh laptop convertible lainnya.

Berbeda dengan Intel Iris Xᵉ Graphics, Intel Iris Xᵉ Max Graphics merupakan chip grafis terpisah (discrete GPU) sehingga memiliki kemampuan pemrosesan lebih kuat serta memori independen. Chip grafis tersebutlah yang membuat VivoBook Flip 14 (TP470) berbeda dengan laptop convertible lainnya.

VivoBook Flip 14 (TP470) memiliki performa kencang berkat ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core. Hadir dengan opsi hingga Intel Core i7-1165G7 yang mengusung konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta dapat berjalan dengan kecepatan pemrosesan hingga 4,7GHz membuat berbagai aplikasi kreatif dapat berjalan tanpa hambatan.

Meski demikian, aspek paling menarik dari laptop gaming ini bukanlah dari sisi prosesornya melainkan dari chip grafis yang diusung. VivoBook Flip 14 (TP470) merupakan salah satu laptop pertama di dunia yang menggunakan chip grafis Intel Iris Xᵉ Max. Berbeda dengan Intel Iris Xᵉ yang merupakan chip grafis terintegrasi, Intel Iris Xᵉ Max merupakan chip grafis terdedikasi yang terpisah dengan prosesor 11th Gen Intel Core. Chip grafis tersebut diciptakan khusus untuk perangkat komputasi mobile dan mampu menghadirkan performa garfis lebih baik dari chip grafis terintegrasi namun tetap menawarkan konsumsi daya yang rendah.

Intel Iris Xᵉ Max hadir dengan VRAM DDR4X sebesar 4GB dan dilengkapi berbagai teknologi grafis terkini. Salah satu teknologi terbaru yang dihadirkan di Intel Iris Xᵉ Max adalah Intel Deep Link Technology yang menjanjikan performa serta efisiensi lebih baik untuk content creation, gaming, serta kemampuan encoding di sebuah laptop ultraportable. Kombinasi prosesor 11th Gen Intel Core dengan chip grafis Intel Iris Xᵉ Max memungkinkan ultrabook convertible seperti VivoBook Flip 14 (TP470) dapat memiliki performa yang lebih powerful dari sebelumnya.

Berikut adalah hasil benchmark VivoBook Flip 14 (TP470):

ASUS VivoBook Flip 14 TP470 cinebench r15

ASUS VivoBook Flip 14 TP470 Crystaldisk mark 7

ASUS VivoBook Flip 14 TP470 3dmark graphic

Kesimpulan

Sebagai laptop convertible, ASUS VivoBook Flip 14 (TP470) mampu menunjukkan kemampuannya yang prima. Desain yang tipis, ringan, serta daya tahan baterai kuat membuatnya cocok untuk dibawa bepergian ketika sedang mencari inspirasi untuk membuat sebuah karya. Kinerjanya makin mumpuni ditunjang dengan Intel Iris Xᵉ Max Graphics.

Review ASUS VivoBook Flip 14 (TP470)

8.5 / 10
Reviewer

{{ reviewsOverall }} / 10
(0 votes)
Users

Display8.5

Performance8.5

Features8.5

Pros

– Desain convertible yang multifungsi
– Layar sentuh yang mendukung stylus
– Intel Iris Xᵉ Max Graphics

Cons

– RAM tidak bisa diupgrade karena tidak ada slot
– Tidak bisa menambah storage
– Kamera tidak dilengkapi penutup fisik untuk meningkatkan keamanan

Summary

Laptop konvertibel yang cocok untuk para kreator untuk mendukung kreativitasnya dalam membuat konten. Ditenagai Intel Iris Xᵉ Max Graphics membuat kinerjanya mengungguli laptop convertible pada umumnya.

User review

Kirim review kamu

Order by:

Be the first to leave a review.

User AvatarUser Avatar

{{{ review.rating_title }}}

{{{review.rating_comment | nl2br}}}


Replies
({{review.rating_replies.length}})

This review has no replies yet.

Avatar

Show more

Show more

{{ pageNumber+1 }}

Kirim review kamu

Spesifikasi ASUS VivoBook Flip 14 (TP470)

ASUS VivoBook Flip 14 laptop
Klik pada gambar untuk spesifikasi lengkap

General


Device Type
Laptop Convertible

Model / Series
ASUS VivoBook S14 (S433)

Released
29 April, 2021

Status
Available

Price
Rp13.799.000 (Core i5 / 8GB RAM / 512GB NVMe PCIe SSD); Rp16.299.000 (Core i7 / 16GB RAM / 512GB NVMe PCIe SSD)

Platform


Processor
Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz) / Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)

VGA (Graphic Card)
Intel® Iris Xᵉ Max Graphics with 4GB DDR4X VRAM Intel® Iris Xᵉ Graphics

RAM (Memory)
8GB LPDDR4X RAM /16GB LPDDR4X RAM

Storage
512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Operating System
Windows 10 with Office Home & Student 2019 Pre-Installed

Body


Dimensions
32.40 x 22.00 x 1.87 ~ 1.87 cm, berat 1,5 Kg

Display
14.0″ (16:9) IPS-Level FHD (1920×1080), Touchscreen with stylus input (included)

Battery
42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Connectivity


Webcam
720p HD camera

Bluetooth
Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Wi-fi
Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax),

NFC

I/O Interface
1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x DC-in//1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, Micro SD card reader

Other


Audio
SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Features
Colors: Transparent Silver, Indie Black

Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan ASUS Indonesia

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *