Idul Fitri Jatuh pada Kamis 13 Mei 2021, Gus Yaqut: Mari Rayakan Lebaran dengan Protokol Kesehatan

TRIBUNNEWS.COM – Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah atau perayaan Idul Fitri 2021 jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

Pengumuman Idul Fitri 1442 Hijriah disampaikan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas setelah menggelar sidang isbat pada Selasa (11/5/2020).

“Awal bulan Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021, saya menyampaikan minal aidzin walfaizin selamat merayakan Idul Fitri,” kata Gus Yaqut, dikutip dari tayangan Kompas TV, Selasa (11/5/2021).

Penetapan Idul Fitri ini merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah ulama, organisasi Islam, dan pemangku kepentingan.

Sidang isbat dilakukan dengan mempertimbangkan dua hal, yaitu hasil hisab atau berdasarkan perhitungan astronomi dan rukyatul hilal atau pengamatan hilal/bulan baru.

Baca juga: Hasil Sidang Isbat 2021, 1 Syawal 1442 H Jatuh Pada Kamis, 13 Mei 2021

“Ini bukanlah dua metode yang saling berhadapan atau dibenturkan, keduanya sama pentingnya, jadi saling melengkapi satu dengan yang lain,” tambah Gus Yaqut.

Lebih lanjut, Gus Yaqut mengingatkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan ibadah di masa pandemi.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak menggelar acara takbir keliling karena bisa memicu kerumunan masa.

“Oleh karena itu mari kita rayakan lebaran dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.”

“Kita tetap bertakbir dirumah masing-masing atau di masjid dan musala yang ketentuannya sudah diatur Kementerian Agama,” ungkapnya.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *