Sinopsis & Review True Beauty, Kecantikan Saat Menerima Diri Sendiri

Menjadi seseorang yang cantik dan dikagumi karena penampilannya sangat diidamkan oleh banyak kaum hawa. Hingga kini, cantik masih menjadi tolok ukur dalam menilai seorang wanita. Seolah mereka yang jelek tidak berharga. Tidak heran jika saat ini semakin banyak produk kecantikan yang menjanjikan kulit putih, mulus dan sebagainya.

Premis di atas diangkat melalui sebuah drama berjudul True Beauty. Ia menceritakan tentang seorang gadis 18 tahun yang kerap di-bully karena tidak cantik secara fisik. Dia lalu berusaha mempercantik diri menggunakan kekuatan make up. Hasilnya, gadis itu pun berubah cantik seketika dan banyak diidolakan para lelaki. Namun, masalah Ju Kyung tidak selesai di sana.

Penasaran dengan kelanjutan ceritanya? Anda bisa membaca sinopsis serta ulasan di bawah ini terlebih dahulu untuk mendapatkan sedikit gambaran mengenai True Beauty sebelum mulai menontonnya. Simak yuk!

Sinopsis

  • Tanggal/Tahun Rilis: 9 Desember 2020 – 4 Februari 2021
  • Genre: Drama, Remaja, Sekolah, Romantis
  • Produksi: Bon Factory Worldwide
  • Sutradara: Kim Sang Hyeop
  • Pemeran: Moon Ga Young, Cha Eun Woo, Hwang In Yeop, Park Yoo Na
  • Jumlah Episode: 16

Lim Ju Kyung (Moon Ga Young) siswi sekolah menengah berusia 18 tahun sebenarnya adalah anak yang ceria walau sedikit lambat dalam menangkap pelajaran, tapi teman-teman di sekolah merundungnya karena dia memiliki wajah dan penampilan yang jelek.  Pada suatu hari, Ju Kyung berani menyatakan perasaannya terhadap seorang teman pria. Namun, dia ditolak dan hal ini membuat Ju Kyung semakin dipermalukan.

Ju Kyung kemudian belajar merias diri, tapi tetap tidak berhasil karena hasil riasannya sungguh mengerikan. Gadis itu putus asa dan berniat melompat sebelum diselamatkan oleh seorang laki-laki. Saat diselamatkan, kacamata Ju Kyung rusak sehingga dia tidak bisa melihat siapa yang sudah menyelamatkannya.

Di sisi lain, keluarganya mendapat masalah sehingga harus menjual rumah dan pindah ke rumah lamanya. Kabar menyedihkan ini terdengar sebagai kabar baik di telinga Ju Kyung. Pasalnya dengan begitu, dia bisa pindah sekolah dan keluar dari penyiksaan yang sudah tidak bisa lagi dihadapinya.

Di rumah lamanya, Ju Kyung kerap mengunjungi tempat penyewaan komik untuk mencari komik misteri kesukaannya. Ju Kyung biasa mampir hanya dengan menggunakan kaos oblong dan tanpa riasan sama sekali. Tanpa sengaja, di sana dia bertemu dengan seorang siswa tampan bernama Lee Su Ho (Cha Eun Woo). Namun, alih-alih saling terpesona, keduanya berselisih dan memperebutkan komik yang sama.

Hari pertama, Ju Kyung datang ke sekolah sebagai dirinya yang baru. Ju Kyung kini sudah ahli dalam merias diri sehingga bisa tampil cantik saat pergi ke sekolah. Kecantikan Ju Kyung menyihir semua siswa dan siswi di sekolah barunya. Secara instant, dia mendapat perlakuan istimewa dari mereka; sesuatu yang tidak pernah dia dapatkan di sekolah yang lama.

Di sekolah barunya tersebut, Ju Kyung berteman dengan Kang Su Jin (Park Yoo Na) dan Choi Soo Ah (Kang Min Ah). Kang Su Jin adalah siswi yang cantik dan pintar, sementara Soo Ah cukup ceria dan lengket padanya. Selain Su Jin dan Soo Ah, rupanya Lee Su Hoo juga bersekolah dan berada di kelas yang sama dengannya. Ju Kyung khawatir, Su Hoo akan menyadari penampilan dia yang sebenarnya.

Su Hoo adalah siswa yang tampan dan pintar. Dia idola di sekolahnya dan kerap mewakili sekolah ke perlombaan-perlombaan. Dia irit bicara tapi ketika bertemu Ju Kyung di tempat penyewaan komik, sifat itu tidak terlihat sama sekali. Suatu hari, Han Seo Jun (Hwang In Yeop) kembali ke sekolah. Seo Jun merupakan kebalikan dari Su Hoo. Dia anak yang kerap membuat masalah dan terkenal berandalan.

Dua laki-laki itu sebenarnya bersahabat, tapi karena salah paham, mereka berselisih. Seo Jun sendiri bertemu Ju Kyung secara tidak sengaja. Ju Kyung yang ceroboh membawa pulang helm Seo Jun. Belakangan diketahui bahwa Seo Jun adalah putra dari teman ibu Ju Kyung. Walau terkenal berandalan, Seo Jun adalah anak yang baik dan berbakti pada ibunya.

Perselisihan antara Su Hoo dan Seo Jun mau tidak mau turut melibatkan Ju Kyung. Seo Jun melihat dan merasa bahwa Su Hoo menyukai gadis itu. Seolah tak mau ketinggalan, Seo Jun pun mulai mendekati Ju Kyung. Lalu kira-kira siapa di antara mereka yang dipilih Ju Kyung?

Drama Remaja dengan Cerita Ringan

True Beauty tidak menawarkan premis cerita yang baru. Drama ini mengusung sesuatu yang rasanya sudah biasa dan jalan ceritanya sangat mudah ditebak sejak pertama. Ia bercerita tentang kehidupan seorang gadis remaja yang harus menghadapi bullying di sekolah karena penampilan dan wajahnya dinilai buruk rupa.

Baca juga:

Remaja tersebut lantas berusaha tampil cantik menggunakan kekuatan make up dan skill berdandan yang dia peroleh secara otodidak. Seperti yang sudah bisa ditebak, dia berhasil tampil memukau banyak orang dengan riasannya. Kecantikannya lantas diakui banyak teman di sekolah dan dia pun seketika menjadi idola.

Jika Anda sedang butuh drama remaja dengan jalan cerita yang ringan, tidak perlu ikut berpikir, tegang dan sebagainya, True Beauty bisa dijadikan salah satu pilihan. Drama ini dikemas menarik dan plot ceritanya juga sederhana. Pada beberapa episode, True Beauty diselipi efek-efek menggelikan yang membuat jalan ceritanya menjadi semakin lucu.

Banyak Pelajaran Tentang Mencintai Diri Sendiri

Walau disajikan secara ringan, True Beauty punya banyak pelajaran. Terutama pelajaran tentang penerimaan diri dan kecantikan yang sesungguhnya. Setiap wanita pasti selalu ingin tampil dan terlihat cantik, dikagumi karena kecantikan dan tidak dihina karena fisik yang tidak sempurna.

Suka tidak suka, cantik adalah sebuah privilege. Cantik bisa menyelamatkan seorang wanita, setidaknya menyelamatkan diri dari berbagai penghinaan dan kata-kata menyakitkan. Hal seperti itu yang dipahami karakter Ju Kyung dalam drama ini. Hasilnya, dia berusaha tampil cantik menggunakan riasan. Dia juga berusaha menutupi keadaan yang sebenarnya serta khawatir berlebihan ketika seseorang mengetahui rahasianya.

Menjadi cantik menggunakan riasan tentu sah saja, tapi jika itu hanya topeng, rasanya buat apa. Ju Kyung di awal episode  mengajarkan kita mengenai hal itu. Hingga akhirnya, Anda akan mendapatkan sesuatu yang lain dari Ju Kyung.

Drama ini juga mengajarkan tentang pentingnya menerima diri sendiri. Ketika kita sudah bisa menerima apa pun yang ada di dalam diri, orang lain akan melihat kita melalui sudut pandang yang berbeda. Kita juga akan lebih tangguh menghadapi penilaian orang lain; karena baik buruknya diri kita sudah diterima dengan lebih lapang dada.

Ketika sudah berhasil mencintai diri sendiri, secara ajaib itu akan membuat kita cantik dengan sendirinya. Bagaimana pun, menjadi cantik memang menyenangkan, tapi dicintai apa adanya, jauh lebih membahagiakan. Namun, mencintai diri sendiri bukan berarti membiarkan kebiasaan jelek ya, tetap rawat diri sebagai bentuk cinta!

Visual Pemain yang Menawan

True Beauty punya kekuatan besar menarik para penonton melalui pilihan pemainnya. Siapa yang meragukan ketampanan Cha Eun Woo dan Hwang In Yeop? Siapa juga yang tidak setuju soal kecantikan Moon Ga Young? Para karakter utama di drama ini punya visual yang menawan, sehingga dengan mudah menarik perhatian dan rasa penasaran.

Mereka menjadi bintang untuk setiap episode di drama ini. Sejak awal, kehadiran Cha Eun Woo sebagai siswa pendiam yang dingin, mampu melelehkan hati banyak penonton remaja putri. Sama halnya dengan Hwang In Yeop yang berperan sebagai bad boy. Belum lagi penampilan Moon Ga Young yang menggemaskan dan sesekali menjengkelkan. Keputusan untuk memilih mereka sebagai pemain utama True Beauty cukup berhasil.

Drama Korea hadir dengan banyak sekali cerita dan tema. Jika Anda penyuka drama dengan konflik yang rumit dan berat, True Beauty akan sangat membosankan. Namun, jika Anda menyukai cerita remaja yang ringan dan diselipi komedi, drama arahan sutradara Kim Sang Hyeop ini  bisa sangat menghibur. Tertarik untuk mulai menyaksikannya? Selamat menonton!

True Beauty

8.5 / 10
Bacaterus.com

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *