Eks Anggota BPK Rizal Djalil Dieksekusi ke Lapas Cibinong

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi mantan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rizal Djalil. Dia akan menjalani hukuman penjara selama empat tahun.
 
“Terpidana Rizal Djalil dimasukkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Cibinong untuk menjalani pidana penjara selama empat tahun dikurangi selama berada dalam tahanan,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Sabtu, 8 Mei 2021.
 
Eksekusi berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Nomor: 66 /Pid.Sus-TPK/2020/PN. Jkt. Pst tanggal 26 April 2021. Putusan telah berkekuatan hukum tetap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Tipikor tersebut, terpidana dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana korupsi,” ujar Ali.
 
Dia juga dihukum membayar denda Rp250 juta. “Dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama tiga bulan,” tutur Ali.
 
Rizal divonis pada Senin, 26 April 2021. Dia dinyatakan bersalah menerima suap dalam proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tahun Anggaran (TA) 2017-2018.
 
Hukuman Rizal lebih ringan dari tuntutan jaksa yang meminta pidana penjara enam tahun. Djalil juga bebas dari pidana uang pengganti. Hakim menilai tindakan Djalil tidak memberikan kerugian negara sehingga pidana pengganti tidak diperlukan dalam hukumannya. Selain itu, Djalil juga bebas dari hukuman pencabutan hak dipilih dalam jabatan publik.
 
Rizal terbukti melanggar Pasal 12 huruf b Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
 
(REN)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *