All New Honda CB150R Streetfire Belum Disemat Slipper Clutch, Ini Alasannya

Suara.com – Motor naked sport All New Honda CB150R Streetfire hadir mengaplikasikan sejumlah fitur baru. Namun berbeda dengan saudaranya, Honda CBR150R, motor teranyar dari Honda ini belum mendapat fitur assist & slipper clutch.

Honda R&D Southeast Asia Co., Ltd, Sakron Limpanachaipondgoon mengatakan, fitur ini belum menjadi kebutuhan konsumen.

“Berdasar studi pasar yang kami lakukan, saat ini fitur yang ada pada CB150R Streetfire sudah cukup diterima dengan baik oleh masyarakat,” ujar Sakron, saat peluncuran virtual All New Honda CB150R Streetfire, baru-baru ini.

Kendati demikian, menurutnya tidak menutup peluang bila fitur ini juga akan disematkan. Namun kembali lagi Honda harus melakukan riset terhadap konsumen.

Baca Juga: PT AHM Pastikan Larangan Mudik Tak Ganggu Penjualan Sepeda Motor

Peluncuran All New Honda CB150R Streetfire pada Rabu (5/5/2021) [PT Astra Honda Motor].
Peluncuran All New Honda CB150R Streetfire pada Rabu (5/5/2021) [PT Astra Honda Motor].

“Tidak menutup kemungkinan di kemudian hari fitur tadi akan diadopsi untuk model ini (CB150R),” ungkapnya.

Sebagai informasi, fitur Assist & Slipper Clutch diketahui memiliki dua fungsi. Yang pertama adalah assist clutch, beroperasi saat motor mengalami akselerasi. Sedangkan slipper clutch berfungsi saat motor mengalami deselerasi.

Saat motor mengalami penurunan gigi atau downshift dengan cepat, kopling biasanya akan mengalami back torque atau kondisi torsi yang berlebih. Kondisi ini bisa membuat ban belakang mengalami skid, sehingga ban kehilangan kontrol traksi pada permukaan jalan.

Artinya, sistem ini akan mengurangi kesulitan pengendalian akibat ban belakang mengunci yang menyebabkan skid atau sliding.

Baca Juga: Best 5 Oto: Atta Halilintar Serahkan Motor Listrik, Adu Harga Roda Dua

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *