Review OPPO A74: Alternatif Smartphone Rp3 Jutaan dengan Layar AMOLED

Mengingat kebutuhan pasar bisa sangat berbeda, OPPO Indonesia ingin hadir dengan lini perangkat yang bisa penuhi semua kebutuhan masyarakat. Mulai dari rentang harga sejutaan sampai flagship, hampir semua ada pilihannya. Untuk rentang harga Rp3 jutaan, OPPO A74 dihadirkan dengan beragam keunggulan tersendiri.

Ya, smartphone ini berbeda dari OPPO A74 5G yang sudah kami ulas sebelumnya, meski peluncurannya diadakan secara bersamaan. Dan dengan desain fisik hampir sama persis, perbedaan jeroannya tak sekadar mendukung 5G dan non-5G saja. justru di beberapa bagian, OPPO A74 versi 4G ini lebih unggul. Dengan harga sedikit lebih murah.

Pada segmen harga Rp3 jutaan, sangat wajar bila konsumen tak bisa mendapatkan semua fitur kunci yang mereka inginkan, sehingga harus memilih bagian apa saja yang ingin diunggulkan. Bila yang Gizmo friends cari adalah tampilan visual terbaik, serta salah satu dukungan pengisian daya paling kencang, OPPO A74 bisa jadi yang terbaik. Berikut ulasan lengkapnya.

Desain

OPPO A74 4G

Bila Gizmo friends telah menyimak ulasan OPPO A74 5G sebelumnya, maka bagian ini tak jauh berbeda. Sama-sama mengusung desain yang stylish, OPPO A74 4G juga memiliki bodi belakang dengan lapisan glossy atau mengkilap. Sedikit licin dan mudah membekas sidik jari. Dengan pancaran warna yang memikat pandangan.

Hadir dalam dua opsi warna, Midnight Blue yang kami ulas memiliki kombinasi warna dominan silver di bagian belakang atas, serta biru di bagian bawah. Bobot smartphone ini hanya 175 gram, dengan ketebalan 7,95mm saja.

OPPO A74 4G

Untuk smartphone terjangkau, tentunya bagian ini menjadi keunggulan tersendiri. Hal tersebut bisa dicapai dengan membuat bagian dari penutup motherboard lebih tipis, 0,21mm saja, tanpa mengesampingkan kekuatan. Bagian belakang kiri dan kanannya memiliki lengkungan 3D yang membuatnya terasa lebih tipis.

Yang berbeda dari versi 5G-nya, tombol power pada smartphone ini dirancang biasa saja. Hal tersebut karena sensor sidik jarinya dibenamkan di balik panel layar. Sementara desain modul kamera belakang dan peletakan port masih sama.

Sambil membaca ulasannya, kamu juga bisa menonton video live unboxing OPPO A74 di bawah ini. Jangan lupa subscribe channel YouTube Gizmologi.

Layar

Menjadi salah satu daya tarik utama, layar OPPO A74 bisa dibilang lebih superior. Tak mendukung refresh rate 90Hz, memang, namun panelnya sudah menggunakan AMOLED, dengan cakupan warna 92% DCI-P3. Punya dimensi 6,43 inci dengan rasio layar ke bodi mencapai 90,8%.

OPPO A74 4G

Ketika digunakan di luar ruangan, layarnya bisa menyala cerah sampai 800 nits. Dan karena juga diunggulkan untuk bermain game, touch sampling rate bisa meningkat sampai 180Hz. Berikan jaminan responsivitas yang tinggi, cocok untuk kamu yang suka main gim dengan pergerakan responsif.

OPPO A74 4G

Karena sudah AMOLED, tentunya ada opsi untuk nyalakan jam dan notifikasi alias always-on display. In-display fingerprint sensor pun sudah hadir, dengan tingkat akurasi khas smartphone OPPO yang lebih mahal. Di kelasnya, masih ada smartphone dengan jenis layar sama yang pakai sensor sidik jari di bodi samping. Bisa menyoal selera juga sih, ya.

Kamera

OPPO A74 4G

Kurang lebih, pengalaman menggunakan kamera dari OPPO A74 4G hampir sama persis dengan saudara kembarnya. Hanya saja, (jauh) lebih sederhana karena absennya sensor ultra wide-angle. Yang tersisa adalah sensor utama 48MP f/1.7 dan dua sensor 2MP untuk hasil foto makro dan depth.

Cukup disayangkan untuk kisaran harga yang ditawarkan, terutama pada era di mana sekarang smartphone sejutaan saja sudah ada sensor ultra-wide (meski hasilnya halus banget), setidaknya masih bisa berikan fleksibilitas tinggi. Kalau Gizmo friends oke dengan absennya sensor tersebut, kualitas foto dari sensor utama sangat bisa dinikmati kok.

Tak banyak mode tambahan yang diberikan, namun hasil foto dengan auto HDR sudah bisa berikan kualitas oke. Termasuk mode malamnya yang dilengkapi tiga filter malam khusus. Sementara untuk hasil swafoto, tergolong detail. Hanya saja terkadang kurang tepat white balance-nya.

xOR2tayDLdzvjvLkYfy2 1EDScbvCOaSkgnhsYIvvcA2Tb0bcNas91Qu4lWXSQh2Ema0vz7AxIOxYK5VHJ1Nug6pVeScj183G9OdwE HmCrEMpQC0g6K4FEcnYJWOllvV6Dp6IT2lN4=w1024 h768 p k

YbT Z3rE BmziFyB bdNuugXs0SjBlbMWqoHYEWVvSQoAWhiE90dDQ3npUmYbRfSdg62CMGFc j97RISZduroBGiRRri3d7NtpPECrZOji7ADBWCT G25lFLZJ1k4hP3J00K2nDjnms=w1024 h768 p k

BHnntUCruf4Yd 0kGA8eS50rmOOPHhjfWrqXgJ9NVrxQHJFB8RJ ahcpOOULdwMOUOoChhQsDzqkuZvrwdx6W itLXPpl7bygG0do8iz4S5Q9I8xnSbJrNSk1a pdR9RSJkw3yNfs1Y=w1024 h768 p k

HaaFFwbOyHaSDYHqKALfclwQU8cO4WjzwUHAkUqqP N baGCbtdBjS10OqnNtNZys5IZwWS2 RF8PHf3zJpCFStrLA36s GQdJh hBptGQ3J9C2 igO4buFbEQntLRLZrU 7cQa7PH8=w1024 h768 p k
Tanpa menggunakan mode malam.
qCo3C9H5zI0VBTRp7RwUL7sj9NVD45wTbIy3OJRtdcScp0W07gWV4y4dDwQeb0HDnrOmb60RVA8 R21Msq1 73RuIrm5mhSD1C vS7GD2Nq i7EpUXbYshBOj3YNKUyg1rylKW1gEeM=w1024 h768 p k
Menggunakan mode malam.

Artikel terkait

r1W2a0B lNiqFB3LQmd0cl4p1R EXTEuhX4BWoZrx6DSoLIacwOr1Goxe01lNz4e5UkEEbLThFSVDMYflvpGic2aF0Z ckPgsh6GQTfpKd34zfweT9wMBjaMqlYHd3dJfczQWJiCJD0=w1024 h768 p k
Menggunakan mode potret.
k4RWT NMBHxDA0oe rwt80ji oiA7SIMTn0Wb H39Y2w0w8PobRSMzyHfL47luz10JRUUzmgtolg0QGKVND PQkiPJRLjIiUpZ3QTV8vRebqCoBmVG5O MYRw7M9pD bdOixQQriX4=w1024 h768 p k
Menggunakan kamera depan, mode potret.

Lalu untuk perekaman videonya sendiri, bisa ambil dengan resolusi maksimum mencapai full HD 30fps. Secara warna dan detail sebenarnya tergolong baik, hanya saja absennya EIS membuat footage nampak tidak stabil. Dan untuk kamera depan, tone cenderung sedikit keunguan di kondisi pencahayaan tertentu.

Fitur

OPPO A74 4G

Menjalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11, tampilannya menjadi lebih sederhana, nyaman di mata, namun juga kaya akan fitur serta kustomisasi. Personalisasi tampilan dibuat ringkas dalam satu halaman, bisa mengganti tema, font hingga bentuk dan ukuran ikon aplikasi. Juga beberapa fitur keamanan.

App Lock, misalnya, dapat mengunci setiap aplikasi yang sekiranya tak ingin orang lain akses, tanpa perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga. Sementara Private Safe adalah tempat untuk menyimpan file-file rahasia maupun berharga. Untuk gaming, tentunya aplikasi Game Space hadir tingkatkan pengalaman bermain pada smartphone.

Speaker-nya masih mono dengan keluaran suara yang tidak spesial, namun jangan khawatir karena sudah mendukung Widevine L1. Oh ya, berbeda dengan versi 5G, OPPO A74 4G ini belum dilengkapi dengan sensor NFC ya.

Performa

Skor Antutu OPPO A74 4G

Menjalankan cip Snapdragon 662, OPPO hadirkan OPPO A74 sebagai smartphone gaming untuk semua orang. Dalam artian, tak harus membeli perangkat gaming khusus demi mereka bisa mainkan gim favoritnya. Dipadukan dengan RAM berjenis LPDDR4x dan penyimpanan UFS 2.1, performanya cukup terjaga.

Bukan yang terkencang, memang, namun tak bisa dibilang lambat juga. Penggunaan standar sehari-hari dengan aplikasi media sosial, email dan aplikasi kantor lainnya bisa dilibas secara lancar. Main gim pun juga oke saja selama tak memilih grafis paling tinggi.

Selain hardware-nya yang cukup mumpuni, OPPO juga berikan beberapa optimalisasi pada sisi software. Salah satu yang diunggulkan adalah Hyper Boost, di mana teknologi ini bisa tingkatkan sensitivitas sentuhan layar pada saat bermain gim, plus tingkatkan jeda, frame rate dan scene loading time.

Baterai

OPPO A74 4G & 5G

Berkapasitas 5,000 mAh, tentu saja OPPO A74 punya masa pakai penggunaan yang cukup lama. Sudah bukan rahasia lagi kalau optimasi ColorOS bersamaan dengan cip dari Qualcomm mampu berikan efisiensi tinggi. Untuk pengunaan ringan, bisa bertahan sampai dua hari penggunaan.

Kalau sedang dipakai intensif sih bisa sampai seharian penuh, dengan screen on-time kurang lebih 5 jam. Bergantung penggunaan, ya, karena fitur-fitur seperti always-on display dan penggunaan Bluetooth untuk tersambung ke wearables tentu bakal sangat berpengaruh. Ketika butuh mengisi daya, 33W Flash Charge hadir sebagai kemewahan.

Sesuai klaim dari OPPO, perangkat ini bisa diisi penuh hanya dalam waktu kurang lebih 70 menit saja. Tak banyak smartphone di kelasnya yang mendukung pengisian daya sekencang ini, umumnya hanya 18 watt saja. Sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Ditambah lagi beberapa fitur pengaman yang bisa membuat baterai smartphone lebih lama masa pakainya hingga beberapa tahun ke depan seperti AI Night Charge dan Charging Heat Control. Plus Super Nighttime Standby yang bisa hemat baterai secara ekstrim di jam tidur, supaya tidak kehabisan daya di pagi hari.

Kesimpulan

OPPO A74 4G

Ada beberapa spesifikasi yang dihemat dari varian 5G-nya, namun OPPO juga berikan keunggulan tersendiri seperti pada panel AMOLED, in-display fingerprint sensor serta teknologi pengisian dayanya. Untuk itu, OPPO A74 targetkan preferensi pengguna yang berbeda dari saudaranya.

Baterai awet, layar bagus, performa juga lumayan untuk bermain gim favorit, dibalut dengan desain stylish khas smartphone OPPO. Bila oke dengan beberapa kekurangan seperti absennya NFC dan dan sensor ultra wide-angle, OPPO A74 bisa dijadikan pilihan alternatif terbaik di kelasnya.

Review OPPO A74

8.2 / 10
Reviewer

{{ reviewsOverall }} / 10
Users
(0 votes)

Display8.5

Performance8

Battery8.5

Pros

– Desain stylish dengan bobot ringan
– Layar AMOLED & in-display fingerprint
– Fitur bawaan ColorOS 11.1 lengkap
– Fitur 33W Flash Charge

Cons

– Tak dilengkapi sensor ultra-wide
– Belum ada sensor NFC
– Tak ada opsi RAM 8GB

Summary

Bila tak membutuhkan jaringan 5G dan lebih mengutamakan panel layar AMOLED, OPPO A74 versi 4G bisa dijadikan alternatif yang lebih cocok.

Review menurut pengguna

Tulis review kamu

Order by:

Be the first to leave a review.

User AvatarUser Avatar

{{{ review.rating_title }}}

{{{review.rating_comment | nl2br}}}


Replies
({{review.rating_replies.length}})

This review has no replies yet.

Avatar

Show more

Show more

{{ pageNumber+1 }}

Tulis review kamu

Cek harga smartphone OPPO di:

BLIBLI SHOPEE  LAZADA JD.ID

Spesifikasi OPPO A74

OPPO A74 - APS

General


Device Type
Smartphone

Model / Series
OPPO A74

Released
21 April, 2021

Status
Available

Price
Rp3.499.000

Platform


Chipset
Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)

CPU
Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)

GPU
Adreno 610

RAM (Memory)
6GB LPDDR4x

Storage
128GB UFS 2.1

External Storage
Up to 256GB (dedicated slot)

Operating System
Android 11

User Interface
ColorOS 11.1

Design


Dimensions
160.3 x 73.8 x 8 mm

Weight
175 gram

Design Features
Warna: Prism Black, Midnight Blue

Battery
5,000 mAh, 33W Flash Charge

Network


Network Frequency
GSM / HSPA / LTE

SIM
Dual-SIM

Data Speed
HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A,

Display


Screen Type
AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors

Size and Resolution
6.43″ 60Hz, full HD+ 2400×1080 pixels (405 ppi)

Touch Screen
Capacitive Touchscreen

Features
Widevine L1 certified
AI Backlight

Camera


Multi Camera
Yes (Rear)

Rear
48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF; 2 MP, f/2.4, (macro); 2 MP, f/2.4, (black & white)

Front
16 MP, f/2.4, 26mm (wide)

Flash
Yes

Video
Front Camera: 1080P/[email protected]; Rear Camera: 1080P/30fps; 1080P/30fps; [email protected]/30fps

Camera Features
AI Scene Enhancement
Ultra 108MP Clear Image
Night Filters
Expert Mode
Panorama

Connectivity


Wi-fi
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth
5.0, A2DP LE, aptX

USB
2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go

GPS
Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

HDMI
No

Wireless Charging
No

NFC

Infrared
No

Smartphone Features


Multimedia Features
• Super Power Saving Mode
• Super Night Time Standby
• Icon Pull Down gesture
• Quick Return Bubble

FM Radio
Yes

Web Browser
HTML 5

Messaging
SMS, MMS, Online

Sensors
Fingerprint (in-display), accelerometer, gyro, proximity, compass

Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan OPPO Indonesia

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *