Pekerja dari Bodetabek Wajib Bawa SIKM untuk Masuk Jakarta

Jakarta: Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DKI JakartaArifin mengatakan masyarakat dari Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) yang bekerja di Ibu Kota wajib membawa surat izin keluar masuk (SIKM). Surat itu bisa diperoleh dari pimpinan perusahaan masing-masing.
 
“Kalau dia orang bekerja, kalau mau pergi harus ada surat tugas dari pimpinan perusahaan, termasuk dalam rangka pelaksanaan tugasnya,” kata Arifin di Jakarta, Jumat, 7 Mei 2021.
 
Arifin menyampaikan nantinya pekerja yang tiba di Jakarta akan diperiksa acak. Surat yang dibawa akan diverifikasi ke perusahaan yang bersangkutan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Jadi kalau ada ya kita lihat, betulkah dia sebagai pegawai di perusahaan itu, dan dalam rangka pelaksanaan tugas,” ucap dia.
 
Untuk pegawai negeri sipil (PNS), SIKM bisa diperoleh dari lurah, camat, atau pimpinan eselon II. Surat harus menyatakan yang bersangkutan sebagai PNS yang sedang bertugas.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan kebijakan SIKM. Hal itu tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 569 Tahun 2021 tentang Prosedur Pemberian SIKM Wilayah Provinsi DKI Jakarta Selama Masa Peniadaan Mudik Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.
 
Baca: 1.258 Kendaraan Diputar Balik Akibat Peniadaan Mudik
 
SIKM hanya untuk masyarakat dengan alasan mendesak. Mereka yang boleh mendapat SIKM meliputi untuk kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil, pendampingan ibu hamil, dan pendampingan persalinan.
 
Masyarakat dengan alasan tersebut harus terlebih dulu mengisi data diri melalui jakevo.jakarta.go.id. Kemudian, unit pelaksana (UP) pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) bakal memverifikasi berkas tersebut.
 
Selanjutnya, surat ditandatangani lurah setempat via elektronik bila seluruh berkas dan persyaratan terpenuhi. Pemohon dapat mengunduh SIKM melalui jakevo.jakarta.go.id.
 

(OGI)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *