Inilah Arti dari Warna yang Berbeda-beda pada Urine

Jakarta: Mengetahui makna dari warna urine sangat penting, karena hal itu bisa berhubungan dengan indikator kesehatan tubuh. Penting juga untuk mengetahui perbedaan-perbedaan warna urine karena perbedaan warna bisa terjadi karena adanya perubahan gaya hidup atau bisa juga pertanda adanya masalah kesehatan pada tubuh.

Berikut ini adalah arti dari perbedaan-perbedaan warna urine menurut ahli:
 

1. Kuning pucat

Dr Arun Thiyagarajan, Direktur Medis (UK) Health Clinics di Bupa UK menjelaskan urine mengandung pigmen kuning yang bernama urochrome. Warnanya tergantung pada seberapa encer atau terkonsentasinya urine.

“Jika kamu minum lebih banyak, maka akan mengencerkan pigmen kuning, membuat air seni akan terlihat lebih jernih,” ujar Dr. Arun.

Urine yang berwarna kuning pucat menunjukkan bahwa seseorang mengonsumsi cukup cairan dan tubuh juga sudah terhidrasi dengan baik.

“Jika warna urine sedikit pekat, ini menunjukkan bahwa kamu mengalami dehidrasi ringan dan perlu menambahkan satu atau dua gelas air untuk mengisi kembali cairan pada tubuh,” terang Dr Arun.
 

2. Jernih atau transparan

Mengonsumsi air yang cukup sangat dianjurkan, tetapi jangan sampai berlebihan. Urine yang berwarna pucat atau transparan bisa menjadi pertanda lain.

“Urine yang berwarna sangat pucat atau bahkan transparan merupakan pertanda bahwa kamu mengonsumsi air secara berlebihan dari yang sebenarnya kamu butuhkan, terutama jika kamu sering buang air kecil,” terang Dr. Arun.

“Dalam kasus ekstrem mengonsumsi air berlebihan bisa berbahaya karena dapat menyebabkan kadar garam dalam tubuh turun juga,” sambungnya.
 

3. Kuning gelap

Kuning gelap bisa menjadi tanda bahwa kamu mengalami dehidrasi. Ini biasanya terjadi ketika cuaca dingin dan merupakan pertanda bahwa tubuh sedang membutuhkan air untuk berfungsi lebih baik.

“Ini bisa juga dilakukan dengan menambahkan minuman untuk mencegah tubuh dehidrasi untuk membantu menggantikan gula dan garam penting secara cepat yang mungkin hilang dari tubuh,” ujar Dr Arun.
 

4. Oranye

Dehidrasi parah adalah penyebab umum dari urine berwarna oranye tetapi, dalam beberapa kasus, itu dapat menunjukkan masalah medis yang berhubungan dengan hati atau saluran empedu, terutama jika kamu juga memiliki tinja berwarna terang.

“Berarti bahwa cairan empedu masuk ke aliran darah. Jika kamu tetap terhidrasi dan urin tetap berwarna oranye yang terbaik adalah dengan segera memeriksakan diri ke dokter,” pungkas. Dr. Arun.
(FIR)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *