Arus Lalu Lintas Pasar Tanah Abang Dialihkan Hingga Lebaran

Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengalihkan arus lalu lintas di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, hingga Lebaran 2021. Hal ini menjadi salah satu langkah mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung di Pasar Tanah Abang.
 
“Kita lakukan rekayasa penutupan dan pengalihan arus di kawasan Tanah Abang,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Senin, 3 Mei 2021.
 
Meski demikian, pengalihan arus lalu lintas tidak diberlakukan selama 24 jam. Buka-tutup jalan di Pasar Tanah Abang disesuaikan dengan kepadatan arus lalu lintas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Baca: Berkaca dari Tanah Abang, Mal dan Pasar di Jaksel Dipantau Ketat
 
Ada sejumlah titik lokasi yang akan terimbas saat kebijakan tersebut diberlakukan. Salah satunya akses di Petamburan ke arah Tanah Abang.
 
“Titik-titik yang ditutup antara lain Bongkaran, Petamburan arah Tanah Abang, Layang Jatibaru, Tanah Abang Blok G,” ungkap Sambodo.
 
Gubernur DKI Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyambangi Blok A Pasar Tanah Abang pada Minggu, 2 Mei 2021. Ketiganya menginspeksi setelah kerumunan Pasar Tanah Abang viral.
 
Polda bersama TNI mendirikan posko pengamanan untuk mengantisipasi kerumunan masyarakat di Pusat Grosir Pasar Tanah Abang. Sebanyak 2.500 personel gabungan dikerahkan mengawasi protokol kesehatan dan mengantisipasi lonjakan pengunjung.
 
Anies menyarankan rekayasa arus lalu lintas diberlakukan di sekitar Pasar Tanah Abang. Kebijakan buka-tutup lalu lintas perlu diterapkan.
 
“Pengendalian masuk keluar dari stasiun dan penertiban di jalan-jalan sekitar Tanah Abang mulai besok (Senin, 3 Mei 2021). Intinya kita lakukan pengendalian di sini,” kata Anies.
 
(OGI)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *