HIPPI berharap harga vaksin gotong royong terjangkau dan tak beratkan pengusaha

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Harga vaksin gotong royong akan ditetapkan melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes). Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman  Simanjorang berharap, harga yang ditetapkan pemerintah bisa terjangkau dan tidak memberatkan pengusaha.

“Pengusaha sangat berharap agar harga yang akan dipatok pemerintah melalui Permenkes terjangkau dan tidak memberatkan dunia usaha. Semakin murah tentu volume pembelian akan semakin banyak,” ujar Sarman kepada Kontan.co.id, Senin (3/5).

Menurut dia, hal ini dikarenakan pengusaha membeli vaksin sendiri untuk pekerja. Di mana, vaksin gotong royong merupakan kesadaran pengusaha untuk membantu pemerintah dalam mempercepat pemerataan vaksinasi kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha.

Karenanya, dia pun berharap agar pemerintah melakukan kajian yang komprehensif agar harga yang ditetapkan sesuai harapan pengusaha.

“Apalagi ini kesadaran dan sukarela pengusaha, tentu harga yang layak dan pantas serta terjangkau tentu sangat kami harapkan,” ujar Sarman.

Baca Juga: Pengusaha berharap harga vaksin gotong royong kurang dari Rp 1 juta per orang

Sayangnya, dia tak menyebut berapa besaran harga vaksin gotong royong yang diharapkan. Sampai sejauh ini pun Sarman mengaku belum mendapat bocoran kisaran harga vaksin.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Kementerian Kesehatan akan menerbitkan Permenkes terkait harga vaksin gotong royong.

Airlangga pun menjelaskan bahwa vaksin gotong royong ini akan diprioritaskan berdasarkan zonasi prioritas juga pada perusahaan-perusahaan yang sudah mendaftarkan diri ke Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. 

Salah satu industri yang diutamakan adalah sektor padat karya.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *