Ekonom CORE: Momen Lebaran masih sundul kinerja manufaktur April 2021

Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kinerja manufaktur Indonesia kembali meningkat pada April 2021. IHS Markit mencatat, Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia pada bulan April 2021 sebesar 54,6 atau naik dari 53,2 pada bulan Maret 2021.

Peneliti senior Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy mengatakan, kinerja manufaktur yang meningkat ini memang tak lepas dari momentum adanya bulan Ramadan.

“Momentum ini mendorong meningkatnya permintaan barang dan jasa dari dalam negeri. Terlihat dari inflasi yang mengalami peningkatan,” ujar Yusuf kepada Kontan.co.id, Senin (3/5).

Yusuf lalu optimistis, kinerja manufaktur ke depan masih akan berdaya, ini seiring dengan prospek pemulihan konsumsi rumah tangga yang diproyeksikan akan mengalami perbaikan di sisa tiga kuartal ini.

Baca Juga: Menko Airlangga: PMI cetak rekor, bukti ada geliat dari dunia usaha

Apalagi, jika pemerintah berhasil mempertahankan tren investasi di sektor manufaktur yang berhasil didapatkan di tahun lalu. Dengan pemanis dari pemerintah, diharapkan investasi di sektor manufaktur bisa tumbuh subur.

Akan tetapi, Yusuf mengingatkan masih ada beberapa hal yang bisa menghantui prospek pertumbuhan kinerja manufaktur. Hambatan ini masih datang dari ancaman gelombang kedua Covid-19.

“Ini bisa terjadi bila masyarakat tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Kalau misal ini terjadi, bisa saja kegiatan ekonomi bisa kembali tersendat,” jelasnya.

Untuk itu, ia tetap menyarankan agar seluruh lapisan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan pemerintah di saat yang bersamaan harus meningkatkan kapasitas test, tracing, dan treatment.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *