Cara Hilangkan Stiker di Sepeda Motor Pakai Bahan Sederhana

Suara.com – Stiker menjadi salah satu material yang digunakan untuk mempercantik body sepeda motor. Bahkan kondisi original atau bawaan pabrik seringkali sudah dipasangi stiker. Kerap disebut sebagai stripping, fungsinya memberikan efek lebih seru atau dinamis pada tampilan visual kendaraan.

Nah, dalam kondisi tertentu, sang pemilik mungkin saja merasa bosan dengan stiker yang sudah lama menempel di sepeda motornya. Bisa pula ingin memasang stiker baru.

Untuk menjaga body motor tetap mulus dan kondisi cat tampak seperti baru, ada beberapa cara untuk menghilangkan stiker di motor yang bisa diikuti. Berikut ini beberapa tips dan trik seperti dikutip dari laman Suzuki Indonesia.

Perhatikan bagian blok mesin saat dicuci. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Bersihkan sepeda motor setelah dikelupas stikernya. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Tips dan trik untuk menghilangkan stiker sampai pada bekasnya ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Tanpa harus pergi ke bengkel atau ke tukang stiker bahkan tanpa mengeluarkan banyak biaya. Modal yang dibutuhkan sangat murah dan body motor pun akan bebas bekas stiker

Baca Juga: Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Bersama Anak

Berikut cara menghilangkan stiker motor tanpa bekas:

1. Menggunakan Cairan Pembersih

  • Cara melepas stiker motor yang pertama adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih yang dijual di pasaran. Cairan ini berfungsi untuk mengurangi tingkat kerekatan pada stiker terlebih dahulu. Bahan ini perlu disemprotkan secara berhati-hati, hanya pada bagian stiker motor.
  • Beberapa alat lain yang dibutuhkan dalam prosesnya adalah hair dryer, air, kain lap, bahan poles motor, serta kanebo.
  • Pengerjaannya: cairan pembersih disemprotkan di sudut-sudut luar stiker. Tunggu hingga terkelupas, angkat bagian yang sudah berhasil terlepas, dan didorong dengan angin dari hair dryer hingga proses selesai dan seluruhnya terlepas. Selanjutnya cuci bagian dengan air untuk menghilangkan perekat yang masih tersisa. Selanjutnya keringkan pakai kanebo, dan penutupnya dipoles serta dilap menggunakan kain halus.

2. Menggunakan Bensin

  • Trik dari cara melepas stiker motor selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bensin.
  • Bagaimana bisa bensin digunakan untuk melepaskan stiker? Bukankah akan merusak cat pada body motor?
  • Rupanya cat tidak rusak selama digunakan dengan cepat.
  • Selain itu jenis bahan bakar yang digunakan harus beroktan tinggi, yaitu setidaknya 92 atau lebih. Karena oktan lebih tinggi akan semakin bagus dan stiker mudah dilepas. Prosesnya pun tidak perlu dipanaskan.

3. Menggunakan Korek Api

  • Ada juga trik yang menggunakan korek api untuk melepaskan stiker. Namun sebaiknya berhati-hatilah dalam melakukannya agar motor tidak terbakar. Selain itu hindari menggabungkan cara pakai korek api dan melumuri stiker pakai bensin.
  • Untuk membuat stiker sedikit terangkat, bisa menggunakan air hangat sebagai ganti bensin dan cairan pembersih. Dengan begitu proses pengelupasan akan lebih aman dibandingkan cara sebelumnya.

Baca Juga: Polisi Amankan Sepeda Motor Milik Emak-emak Santuy Masuk Tol

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *