Ajak Masyarakat Kenali Limbah B3 dan Bahayanya, PPLI Gelar Lomba Jurnalistik Berhadiah Rp 135 Juta

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Kerusakan bumi semakin hari semakin memprihatikan. Efek rumah kaca menimbulkan kerusakan lapisan ozon yang melindungi bumi dari paparan matahari langsung dan benda-benda langit lainnya.

Berbagai peristiwa di muka bumi telah berkontribusi membuat kerusakan ekosistemnya. Diantaranya adalah aktivitas Industri.

Berkaitan aktivitas industri, salah satu yang paling merusak lingkungan adalah dari limbah yang dihasilkannya.

Biasanya limbah industri berbahaya bukan saja bagi manusia, tapi juga bagi hewan dan tumbuhan termasuk ekosistem alam yang menunjang kehidupan mereka apabila tidak dikelola dan diolah dengan benar.

Limbah industri ini dikenal dengan sebutan Limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya). Lalu dibuang kemana limbah-limbah ini agar tak merusak alam? Mungkinkah dimusnahkan? Atau bisakah kita olah hingga aman bagi lingkungan?

Baca juga: Ketua DPD Minta Pemerintah Segera Atasi Limbah yang Cemari Pulau Untung Jawa

Banyak masyarakat belum paham akan hal ini. Bahkan sebagian masyarakat ikut menyumbang merusak alam dengan membuang limbah B3 nya sembarangan seperti baterai, aki atau bohlam lampu.

Demikian dikatakan Manager Humas PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI), Arum Pusposari kepada wartawan, Minggu (2/5).

Baca juga: Menteri Jepang Bentuk Gugus Tugas Penanggulangan Isu Pembuangan Limbah dan Karakter Tritium

“Publik dan dunia usaha butuh diedukasi tentang bahayanya limbah B3 dan wajib tahu bagaimana memperlakukan limbah tersebut, agar aman bagi lingkungan” jelas Arum.

Untuk itu, lanjut Arum, PPLI mengajak insan pers untuk ikut serta mengedukasi publik tentang pengelolaan limbah B3 tersebut.

“Salah satu nya dengan cara mengelar Lomba Karya Jurnalistik Lingkungan PPLI 2021 yang mulai dilaksanakan tanggal 1 Mei hingga 1 Juni 2021,” ungkapnya.

Baca juga: PM Jepang Putuskan Buang Air Limbah Tritium ke Laut Setelah Tingkat Radiasi Aman

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *