Pasar Mobil Bekas Perlahan Pulih, SUV Mulai Jadi Buruan

Suara.com – Pandemi Covid-19 memberikan dampak cukup besar terhadap industri pasar mobil bekas. Tidak sedikit masyarakat menahan pengeluaran sebagai langkah antisipasi untuk urusan kesehatan.

Berita baiknya, penjualan mobil bekas saat ini diakui mulai berangsur pulih. Diler jual beli mobil bekas PT Caroline Karya Teknologi (Caroline) saat penjualan mobil bekas, mulai mengalami peningkatan.

“Imbas pandemi, performa penjualan dari sebelum Covid sampai sekarang masih belum recovery 100 persen. Tapi sekarang sudah menuju 80 – 90 persen,” ujar Jan Sunaryanto, Direktur Caroline, saat berbincang dengan awak media di Bekasi, Sabtu (1/5/2021).

Selain itu, tren mobil sport utility vehicle (SUV) yang terus meningkat, juga turut memberikan dampak terhadap penjualan mobil bekas. Pasalnya, mulai banyak konsumen berburu model tersebut.

Baca Juga: Beli Mobil Bekas Berusia di Atas 10 Tahun, Bagian Ini Wajib Dicek

Hanya saja, dikatakan Jan, tren yang terjadi pada mobil baru tidak akan langsung dirasakan pasar mobil bekas.

“Untuk mobil bekas dampaknya mungkin tidak sekarang, mungkin akan 6 bulan sampai setahun lagi. Begitu juga saat ini, arahnya mulai ke arah mobil listrik,” terang Jan.

Pekerja melakukan perawatan mobil bekas di showroom penjualan mobil bekas WTC Mangga Dua, Jakarta, Rabu, (23/9/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Ilustrasi perawatan mobil bekas. [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Sebagai informasi, Caroline sendiri baru saja membuka diler baru ke-6 yang berlokasi di Mega Hypermall Bekasi. Diharapkan dapat membantu perputaran ekonomi khususnya di bidang otomotif, terlebih lagi di tengah pandemi Covid-19 ini. 

“Bagaimanapun ketika kita mau beli mobil, kita lebih suka lihat langsung. Di masa sekarang ini, kita harus bisa memberikan rasa aman kepada konsumen, salah satu yang Caroline lakukan adalah hadir di lokasi yang dekat dengan konsumen ataupun menyiapkan fasilitas daring, tutup Jan.

Baca Juga: Yuk, Coba Keseruan Test Drive di Carsome Experience Center Pondok Indah

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *