Kerek pertumbuhan ekonomi, Indonesia-Pakistan sepakat perluas kerja sama

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pemerintah Indonesia dan Pakistan sepakat untuk memperluas kerja sama ekonomi kedua negara.

Sebelumnya Indonesia dan Pakistan telah memiliki perjanjian perdagangan preferensi (PTA). Perjanjian tersebut akan diperluas dalam perjanjian perdagangan barang (Trade in Goods Agreement/TIGA).

“Saat ini, kita berunding TIGA artinya seluruh pos tarif kedua negara akan dinegosiasikan,” ujar Direktur Perundingan Bilateral Ditjen Perundingan Perdagangan International Kementerian Perdagangan Ni Made Ayu Marthini saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (2/5).

Sebelumnya pada IP-PTA sudah terdapat produk Indonesia yang mendapat pembebasan tarif di Pakistan. Namun, Ni Made menjelaskan bahwa hal itu hanya bagi beberapa ratus pos tarif.

Baca Juga: Inilah pesan Xi Jinping kepada dunia soal pandemi Covid-19

Saat ini, perundingan TIGA telah memasuki putaran kedua. Dalam pertemuan putaran kedua ini Indonesia dan Pakistan memulai pembahasan awal teks perjanjian dan modalitas perundingan IP–TIGA.

Delegasi kedua negara juga membahas penyesuaian rencana kerja (workplan) perundingan dan jadwal pertukaran dokumen masing-masing negara untuk dibahas pada putaran selanjutnya.

Dalam perundingan kali ini, kedua delegasi menyepakati untuk melaksanakan sejumlah pertemuan intersesi dan pertukaran dokumen pada periode Juni–November 2021.

Sehingga, nantinya pada perundingan putaran ketiga IP–TIGA yang akan dilaksanakan secara daring pada Desember 2021, terdapat perkembangan signifikan khususnya terkait pembahasan teks perjanjian IP–TIGA dan akses pasar.

Pakistan dinilai memiliki potensi besar untuk pasar ekspor Indonesia. Hal itu mengingat negara tersebut memiliki jumlah penduduk yang besar yang dapat menjadi pasar bagi produk Indonesia.

Baca Juga: Iran tawarkan jalur pengganti Teusan Suez yang kini masih mampet

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *