Tanpa Semir, Ini Cara Merawat Ban Motor Agar Tetap Kinclong

Suara.com – Kegiatan melakukan semir ban motor biasanya menjadi salah satu cara yang dilakukan pemilik agar tampilannya terlihat mengilap. Lihat saja, setelah disemir, ban akan terkesan jauh lebih bersih dan bak berkilau.

Namun ternyata, dikutip dari laman WahanaHonda, ternyata keseringan menyemir ban bisa menghilangkan kelenturan alias daya elastisitas.

Tips mencuci motor, hindari panas matahari agar cat body bertahan bagus. Sebaagi ilustrasi [Envato Elements/fxquadro].
Tips mencuci ban motor, gunakan semprotan tekanan tinggi. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/fxquadro].

Jadi, bagaimana sebaiknya merawat ban motor tanpa harus disemir?

Inilah langkah membersihkan ban tanpa semir yang dibagikan Wanaha Honda:

Baca Juga: NgabubuTips: Ban Tubeles Sering Kurang Angin? Kenali Penyebabnya

1. Cuci pakai air bersih

  • Sebenarnya pemilik bisa menghilangkan kotoran dari ban motor, cukup dengan menyiramnya pakai air bersih.
  • Namun akan lebih baik apabila ban motor dibersihkan memakai air dari selang bertekanan tinggi. Jadi, kotoran yang menyelip di sela-sela ban pun dapat ikut terangkat.

2. Sikat ban hingga bersih

  • Sembari mencuci dengan air bersih, sikat ban hingga ke sela-selanya. Langkah ini penting untuk memastikan tidak ada kerikil yang tertinggal di sana.
  • Jika perlu, bisa memakai sikat gigi bekas untuk menjangkau area-area kecil di ban.

3. Coba bersihkan ban dengan minuman bersoda

  • Selain dengan shampo motor, juga bisa mencoba menggunakan minuman bersoda untuk membersihkan ban motor. Caranya cukup mudah. Tuangkan minuman bersoda ke permukaan ban dan biarkan hingga kering. Selanjutnya, bersiaplah melihat ban motor kembali menghitam, bahkan tanpa disemir.

4. Pakai silikon murni

  • Tak hanya shampo motor dan minuman bersoda, silikon murni pun bisa dipakai untuk membersihkan ban motor. Bahannya bisa membelinya di toko bahan kimia.
  • Penggunaan silikon murni ini akan memberikan hasil lebih bagus, karena mampu memberikan kelembapan pada ban motor. Dengan begitu, ban bisa berfungsi dengan lebih baik.

Selain keempat cara memberihkan ban motor di atas, sebisa mungkin setelah mencucinya, keringkan ban secara manual memakai lap. Jangan pernah menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Sebab, meletakkan motor di paparan terik matahari malah akan membuat ban motor menjadi keras atau getas.

Baca Juga: Cara Pria Pompa Ban Motor Ini Geleng-geleng Kepala, Antimainstream!

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *