Sinopsis & Review Apa Artinya Cinta? Salah Paham Jadi Cinta

Salah paham memang membuat hubungan jadi rumit. Apalagi jika sampai dipercaya dan mengubah rasa. Seorang gadis berusia 17 tahun cukup lama menaruh penasaran dan curiga terhadap seorang pria yang diduga gay. Hubungan mereka harus diluruskan, benarkah pria itu penyuka sesama jenis atau tidak?

Premis yang demikian dieksekusi secara ringan melalui film berjudul Apa Artinya Cinta? oleh sutradara Sunil Soraya. Dua bintang besar pada masanya, yaitu Shandy Aulia dan Samuel Rizal, didapuk jadi bintang utama. Sebagian dari Anda pasti pernah menyaksikannya. Namun, mari kita rewind sejenak salah satu film remaja Indonesia yang hits ini! Simak sinopsis serta ulasannya yuk!

Sinopsis

Sinopsis Apa Artinya Cinta
  • Tanggal/Tahun Penayangan: 2 November 2005
  • Genre: Romantis, Komedi Romantis, Remaja
  • Pemain: Shandy Aulia, Samuel Rizal, Acha Septriasa, Onky Alexander
  • Sutradara: Sunil Soraya
  • Produksi: Soraya Intercine Films

Gadis SMA bernama Aliza (Shandy Aulia) hidup di tengah keluarga yang harmonis dan berkecukupan. Rutinitasnya sama seperti pelajar kebanyakan; sekolah dan nongkrong. Bersama Mitha (Acha Septriasa) gadis ini kerap menghabiskan waktu bersama. Aliza memiliki seorang kakak laki-laki bernama Rio (Mischa Chandrawinata) yang akan menikah dalam waktu dekat.

Sebagai siswi SMA tahun terakhir, Aliza ingin sekali melanjutkan kuliah di luar negeri. Namun sang ayah (Onky Alexander) dan ibunya (Sari Nila) tidak langsung menyetujui. Mereka perlu mempertimbangkannya, apalagi sang ibu sedang hamil lagi.

Suatu hari Aliza mengajak Mitha untuk berkunjung ke rumah tetangganya. Alasannya karena Aliza ingin melihat dari dekat anak tetangganya yang baru pulang dari Amerika karena liburan kuliah. Gadis itu termakan gosip yang disampaikan kakaknya. Menurut Rio, anak tetangga mereka yang bernama Dara (Samuel Rizal) adalah seorang gay.

Sifat Dara yang memang tampak berbeda membuat Aliza dan Mitha bertambah penasaran. Selain itu komunikasi antara mereka juga tidak berjalan dengan baik karena Dara sangat irit berbicara. Aliza seringkali salah paham dengan apa pun yang dikatakan Dara. Akibatnya dua tetangga itu kerap berselisih.

Gosip yang mengatakan bahwa Dara adalah gay semakin kencang ketika suatu hari, teman Dara yang bernama Fadli (Alexander Wiguna) datang menginap. Aliza bertambah curiga dan tampak mulai percaya pada gosip tersebut. Anehnya, ketika menemani Aliza di pernikahan kakaknya, Dara tampak sangat maskulin. Gadis itu kembali bingung.

Suatu malam Aliza harus menemani Mitha di rumah sakit. Pasalnya pacar Mitha, Angga (Dimak Beck) pingsan setelah dipukul secara keras oleh ayahnya sendiri. Setelah memukul anaknya, sang ayah menembak dirinya sendiri. Angga dan ayahnya memang sudah sering berkonflik. Mereka tidak akur sudah cukup lama. Kejadian ini seperti menjadi puncaknya.

Aliza yang menemani Mitha terpaksa harus kehilangan kesempatan untuk mengucapkan kalimat perpisahan pada Dara yang pada malam itu juga harus kembali ke Amerika. Namun, di saat bersamaan, ayah Aliza secara tiba-tiba memberinya izin untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, yaitu di Amerika Serikat.

Satu keluarga itu pun akhirnya bersama-sama pergi ke Amerika ditemani mertua Rio (Didi Petet). Sesampainya di Amerika, hubungan Aliza dan Dara tetap berjalan baik. Bagaimana pun mereka sudah kenal di Indonesia. Di satu pagi, selepas malam menggelar pesta, Aliza terkejut melihat Dara sedang memeluk seorang pria di apartemennya. Sejak itu Aliza semakin yakin bahwa Dara adalah penyuka sesama jenis.

Tidak tahan menyimpan rasa penasaran, Aliza lantas bertanya mengenai siapa pria yang dipeluk Lalu siapa sebenarnya pria itu? Benarkah Dara seorang gay dan yang dilihat Aliza adalah pasangan prianya? Penasaran, kan? Tidak usah khawatir karena film Indonesia yang tayang pada 2005 ini bisa Anda tonton melalui Netflix mulai 24 Desember 2020.

Menggaet Dua Juta Penonton Bioskop

Cerita Aliza dan Dara rupanya memincut hati banyak penonton. Tidak tanggung-tanggung, jumlah penonton yang membeli tiket bioskop film ini tercatat sebanyak 2 juta orang. Angka tersebut tentu saja fantastis, apalagi film ini mampu bertahan selama enam bulan di bioskop-bioskop seluruh Indonesia.

Angka dan fakta tersebut menunjukkan bahwa Apa Artinya Cinta? memiliki banyak peminat sehingga jumlah layar di bioskop tidak dikurangi meskipun film itu sudah tayang berbulan-bulan. Saking larisnya, pada waktu itu pihak produksi bahkan merilis cerita Aliza dan Dara dalam bentuk VCD dan DVD. Apakah Anda sempat punya?

Cerita Ringan dan Alur Tertebak

Film kisah cinta remaja Indonesia punya sesuatu yang sangat khas, yaitu ceritanya sangat ringan. Di sepanjang film, termasuk Apa Artinya Cinta? hampir tidak ada konflik berarti. Rasa penasaran Aliza kepada Dara mengenai kecenderungan seksualnya bukan sesuatu yang akan menguras pikiran Anda.

Baca juga:

Selain itu Aliza juga digambarkan sebagai anak dari keluarga berada, yang bisa memutuskan kuliah ke luar negeri begitu saja. Tidak ada baginya masalah-masalah menyangkut perut lapar atau kekurangan uang yang bisa membuat penonton merasakan emosi dan hanyut dalam iba. Dunia Aliza selayaknya remaja dari keluarga kaya raya yang tidak terlalu banyak konflik kecuali dengan ego sendiri.

Hasilnya, cerita dalam film ini sangat ringan. Alurnya mengalir begitu saja. Anda hanya perlu luangkan waktu selama 128 menit, duduk manis, iri dengan kehidupan Aliza yang serba mudah lalu film selesai. Alurnya juga sangat mudah ditebak. Penyelesaian konflik pun sebatas itu saja: pria yang dipeluk Dara adalah kakaknya dan salah paham Aliza selama ini benar-benar salah, kemudian happy ending.

Memuat Konflik Keluarga

Tidak selamanya film-film tentang kisah cinta remaja hanya menampilkan dinamika yang dijalani pasangan muda, film genre itu pun kerap memuat konflik keluarga. Begitu juga dengan Apa Artinya Cinta?. Di beberapa scene, cerita yang terasa ringan ini bisa sekaligus hangat. Terutama karena menyangkut masalah keluarga yang lebih banyak menguras emosi.

Konflik kleuarga dalam film ini bisa Anda lihat ketika Angga pingsan setelah dipukul dengan keras oleh ayahnya. Kondisi ayah dan anak yang buruk ini secara tidak langsung menghancurkan hati orang-orang di sekitarnya, termasuk kekasih Angga, Mitha. Mitha bersedih sebab pacarnya mengalami kejadian tersebut. Di sisi lain dia juga tidak bisa melakukan apa pun.

Chemistry Samuel Rizal dan Shandy Aulia

Beberapa tahun lalu, selain Acha dan Irwansyah, nama pasangan Shandy Aulia dan Samuel Rizal juga kerap sukses membuat baper anak-anak muda Indonesia melalui film-filmnya. Mereka beberapa kali dipasangkan dalam sebuah film romantis dan meraih hasil memuaskan. Ini semua tentu karena chemistry antara keduanya terjalin dengan sangat baik.

Keduanya luwes memainkan peran sebagai pasangan masing-masing. Ketika mulai berakting tidak ada lagi kekakuan antara Shandy Aulia dan Samuel Rizal. Mata mereka, gesture, dialog-dialog atau celetukan kecil antara keduanya menjadi daya tarik bagi setiap film yang mereka mainkan.

Setelah sukses dengan film Eiffel I’m in Love, mereka dipasangkan dalam Apa Artinya Cinta?. Keduanya kembali bertemu dalam Eiffel I’m in Love 2 yang tayang 2018 lalu dan tetap cocok. Tita dan Adit serta Aliza dan Dara sepertinya memang tercipta untuk satu sama lain.

Bagi Anda yang rindu dengan akting mereka sekaligus ingin mengenang masa lalu, Apa Artinya Cinta? bisa dijadikan pilihan.  Walau sudah tayang sekitar 15 tahun lalu, kisah Aliza dan Dara ini tetap bisa menghibur. Jika bosan, selingi saja dengan cemilan. Bagaimana? Kapan mau nonton Shandy Aulia dan Samuel Rizal di masa muda?

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *