Kota Depok Sebentar Lagi Menggantikan Bekasi sebagai Kota Ter-bully

MOJOK.COKota Depok yang baru saja heboh dengan babi ngepet, kini jadi omongan netizen karena kawasan ini selalu “aneh-aneh”. Bentar lagi gantiin bekasi nih.

Heboh nasional perihal tertangkapnya babi ngepet di Kota Depok melahirkan banyak tanda tanya yang berakhir tanda seru. Ternyata semua merupakan hoaks dan pelaku yang suka ngarang-ngarang sudah ditangkap. Duh, aya aya wae bulan puasa cari perkara. Nggak cuma itu, sekarang Depok menjelma jadi kota dengan seribu alasan buat di-bully, mirip Bekasi yang suka diejek karena letaknya di luar Planet. Eh.

Depok justru lebih unik karena berdasarkan penelusuran tidak ilmiah, kita bisa menemukan bahwa banyak baget mitos dan penampakan yang bermunculan. Selain mistis, kekonyolan lainnya yang tak kalah kocak juga banyak.

#1 Kemunculan pocong, kuntilanak di pohon nangka, tuyul, vampir, dan kolor ijo

Kalau melihat daftar yang diberikan @whenscarves dan diunggah ulang dari akun Instagram @albiongritto, mayoritas memang berisi kumpulan urban legend Depok berkaitan dengan penampakan hantu. Kemunculan pocong yang terdeteksi radar bahkan dimulai tahun 1993 ketika milenial saja baru masuk proses cetak. Penampakan yang beredar tahun 90-an bisa jadi viral dari foto ke foto, bukan dari media sosial. Sebuah foto beredar luas di kota tersebut dan jadi omongan. Duh, kota lain juga begitu, tapi nggak ada yang selengkap Depok.

Nggak heran kota ini juga selanjutnya ikut dalam euforia penangkalan kolor ijo dengan bambu dan daun kelor yang disatukan lalu dipasang di depan pintu. Katanya, buat menghalau datangnya makhluk yang ternyata cuma fiksi itu. Pada medio 2004, beberapa orang akhirnya mengaku bahwa cerita hantu kolor ijo memang dibuat-buat.

#2 Babi ngepet dan babi ngepet reborn

Tertanya babi ngepet 2021 bukanlah pertama kalinya gempar pesugihan di Kota Depok. Sebelumnya pada 2008 sudah ada kasus serupa. Sayangnya berdasarkan penelusuran tidak ilmiah, sangat minim berita yang menceritakan seputar insiden ini. Insiden yang terkenal saat itu justru datang dari Kabupaten Bandung saat babi ngepet ditemukan lalu dikubur dengan kain yang baru. Ada masalah apa sih orang-orang sama babi?

#3 Kontroversi Ayu Ting Ting

Entah mengapa Ayu Ting Ting seolah-olah selalu ditunjuk sebagai “wajah” Kota Depok, mungkin karena logatnya yang kental, atau jiwanya yang terinternalisasi nilai-nilai ke-Depok-an. Memang sih, dalam riwayatnya, Ayu Ting Ting pernah mengalami banyak polemik dalam berkarier, tapi masa sih artis dari sana cuma Ayu Ting Ting? Entahlah yang jelas nama Ayu Ting Ting bahkan masuk daftar terhormat dalam sejarah singkat Kota Depok yang beredar di kalangan netizen. 

#4 Musadeq mengaku nabi, Winardi mengaku Imam Mahdi

Ahmad Musadeq pernah begitu terkenal namanya setelah mendirikan sebuah organisasi bernama Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara). Tentu nggak pakai lama, polisi meringkus Ahmad Musadeq dengan tuduhan menoda agama dan dianggap meresahkan masyarakat karena mengaku sebagai nabi atau mesias. Blio kemudian divonis empat tahun penjara akibat kegegeran yang dibuat.

Setali tiga uang dengan Musadeq, belum lama ini ada seorang bernama Winardi yang mengaku mendapat wahyu atau petunjuk melalui mimpi. Keesokannya ia mengaku sebagai Imam Mahdi sang pembaharu, dan ternyata sebanyak 70 orang pun tergocek untuk menjadi pengikutnya. Ketua MUI Kota Depok sampai perlu terjun langsung buat membuktikan bahwa ajaran Winardi memang sesat.

#5 Viral hujan satu rumah di Depok, ternyata rembesan toren

Beberapa dari Anda mungkin masih mengingatnya sebuah berita yang heboh mewartakan hujan lokal satu rumah. Iya, itu juga terjadi di Kota Depok. Pemilik rumah mengatakan bahwa mungkin itu sebuah berkah dari Tuhan ketika hujan mengguyur hanya dan satu-satunya rumah tercintanya. Tetangga sekitar pun sampai berkumpul untuk nebeng cuci muka dan minum “air hujan lokal” tersebut. Setelah diselidiki, itu hanya air rembesan toren atau tandon air yang kebetulan terus mengalir. Mohon maaf, Depok, satu kejadian ini saja bikin Anda banyak di-bully netizen.

#6 Betapa nyentrik Walkot Depok

Lampu merah di Depok pernah tidak sesederhana di kota lain. Ada sebuah lagu dan nasihat dari wali kota untuk warganya tercinta. Peristiwa ini pernah jadi kabar nasional dan mengundang kritik lantara au ada nyanyian atau tidak, tidak ada pengaruhnya dengan kemacetan. Sayangnya wali kota Depok yang merupakan jajaran orang nyentrik memang tak gentar, blio bisa jadi hobi nyanyi.

Selain nyanyi di lampu merah, beberapa kebijakan di wilayah tersebut kadang bikin garuk-garuk kepala. Misal kebijakan sehari tidak makan nasi, imbauan kembali makan dengan tangan kanan, dan lain sebagainya. Laugh in silence.

Kayaknya masih banyak lagi daftar “dosa” nyentrik yang bisa jadi amunisi bully-an netizen. Mulai dari penemuan bayi kambing mirip manusia, prank pocong yang dihukum tidur di kuburan, keranda terbang, apa pun lah yang aneh-aneh. Depok dari dulu begini, tapi warga sepertinya fokus ke Bekasi dan merundungnya seakan Bekasi berada di luar Tata Surya. Ya sudah nggak apa-apa biar saling memperbaiki untuk ditertawakan lagi. Sabar ya, Pok.

BACA JUGA Kota Depok Layak Disebut sebagai Kota Avatar Saat Musim Hujan dan tulisan AJENG RIZKA lainnya.

Baca juga:  5 Pertanyaan Seputar Babi Ngepet yang Tak Pernah Terjawab dengan Memuaskan


Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *