Kepoin Calon Motor Hybrid Kawasaki, Fiturnya Bikin Melongo

Suara.com – Tak seperti pada mobil di mana kendaraan dengan mesin hybrid cukup banyak ditemui, hal sebaliknya justru terjadi pada motor.

Teknologi kombinasi mesin ganda ini cukup langka tersemat pada motor, bahkan beberapa produsen lebih memilih untuk menghadirkan kendaraan elektrik secara penuh, alih-alih menggunakan mesin jenis transisi ini.

Tapi tidak dengan yang dilakukan oleh Kawasaki. Dilansir dari Visordown, paten baru yang diajukan oleh Kawasaki mengungkapkan bahwa pabrikan yang identik dengan warna hijau ini tengahmengerjakan platform hybrid.

Proyek hibrida dari Kawasaki mulanya sempat terekspos ke publik pada November 2020, tetapi paten terbaru ini membuka rincian tentang desain, ukuran, dan posisi dari kendaraan ini.

Baca Juga: Viral Pemuda Ubah Jok Motor Jadi Wadah Minuman, Publik: Terlalu Pintar

Motor hybrid Kawasaki. (rideapart.com)
Motor hybrid Kawasaki. (rideapart.com)

Tentu saja, bagiaan mesin berbaterainya akan berfungsi seperti unit hibrida-listrik. Bagian ini mendukung bagian mesin pembakaran internal (mesin yang digerakkan dengan bahan bakar minyak) sejak saat keadaan berhenti, atau tiba-tiba nge-switch di lingkungan perkotaan.

Mesin bertenaga bensin terutama akan memberi tenaga pada kendaraan selama berkendara di jalan terbuka.

Sistem hybrid juga akan menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih baik berkat baterai listrik sekaligus tetap menjaga kenyamanan mesin bensin.

Motor hybrid Kawasaki. (rideapart.com)
Motor hybrid Kawasaki. (rideapart.com)

Teknologi hybrid Kawasaki juga dapat mengatasi masalah bobot dan jangkauan, yang mana saat ini menjadi tantangan bagi produsen kendaraan jenis ini.

Dengan model hybrid, pengisian baterai listrik kecil dapat mengandalkan mesin pembakaran internal untuk mengisi ulang sambil tetap mencapai jangkauan jarak tempuh yang kian jauh.

Baca Juga: Tak Bisa Hidupkan Mesin, Pria Ini Pilih Buang Motornya ke Jalanan

Meskipun paten baru menunjukkan kemajuan yang menggembirakan, merek tersebut belum menyatakan niatnya untuk merilis prototipe hibrida-listrik.

Belum jelas apakah motor ini bakal mengaspal dalam wujud motor produksi massal. Yang jelas menarik untuk menanti langkah dari pabrikan geng hijau yang satu ini.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *