Ford Ion Park, Divisi Riset Baru untuk Pengembangan Baterai Mobil Listrik

Suara.com – Ford Motor Company, perusahaan otomotif Amerika Serikat meluncurkan divisi baru yang mengurusi percepatan pengembangan baterai Electric Vehicle atau EV. Timnya disebut sebagai Ford Ion Park.

Dikutip kantor berita Antara dari situs resmi Ford, pada Kamis (29/4/2021), keahlian di sektor baterai telah dikembangkan hampir dua dekade dengan memusatkan tim lintas fungsi yang terdiri dari 150 pakar. Bidangnya adalah pengembangan teknologi baterai, penelitian, manufaktur, perencanaan, pembelian, kualitas, serta keuangan untuk membantu Ford lebih cepat mengembangkan dan memproduksi baterai.

Tim Ford Ion Park memiliki laboratorium pembelajaran kolaboratif senilai 185 juta dolar amerika Serikat (AS) di Michigan,untuk kebutuhan pengembangan, pengujian, sampai membangun sel baterai kendaraan dan susunan sel dibuka akhir tahun depan.

Ford F-150 EV [Ford via ANTARA].
Ford F-150 EV [Ford via ANTARA].

Laboratorium pembelajaran akan mencakup peralatan skala pilot untuk elektroda, sel dan desain larik serta manufaktur, dengan penggunaan teknologi mutakhir untuk mengujicobakan teknik manufaktur baru yang memungkinkan Ford secara cepat membuat skala desain sel baterai dengan bahan baru setelah perusahaan mengintegrasikan sel baterai dan baterai secara vertikal.

Baca Juga: Tesla Segera Kembangkan Pabrik Daur Ulang Baterai Mobil Listrik di China

Anand Sankaran akan menjabat sebagai direktur tim Ford Ion Park. Ia adalah veteran yang selama 30 tahun berkarya di Ford.

Seperti disebutkan dalam keterangan, Anand Sankaran siap membawa Ford Ion Park dengan keahliannya di bidang baterai dan elektrifikasi. Termasuk perannya saat ini sebagai direktur Electrified Systems Engineering, dan pemegang Penghargaan Teknologi Henry Ford 1999.

Ia pula yang berada di balik proyek pengembangan, penelitian dan inovasi teknis mobil-mobil produk eletrifikasi Ford, seperti Escape Hybrid, Mustang Mach-E 2021, dan F-150 Hybrid 2022.

Dan tim Ford Ion Park juga menjajaki integrasi dan peluang inovasi yang lebih baik di semua aspek rantai nilai kerja dengan semua tim di dalam Ford, termasuk para ahli di Laboratorium Uji dan Benchmarking Baterai baru, Divisi Layanan Pelanggan Ford, plus pemasok dan mitra utama.

“Kami sudah meningkatkan produksi kendaraan serba listrik di seluruh dunia karena semakin banyak pelanggan yang merasakan dan mendambakan manfaat menyenangkan untuk dikendarai dari kendaraan listrik tanpa emisi,” jelas Hau Thai-Tang, chief product platform and operations officer Ford.

Baca Juga: Startup Asal India Klaim Temukan Cara Daur Ulang Baterai Mobil Listrik

Dengan peresmian tim Ford Ion Park, Harapannya Ford Motor Company bisa mempercepat proses untuk menghasilkan mobil listrik lebih banyak, bahkan lebih baik, dan berbiaya lebih rendah.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *