Si Kembar Rocky-Raize Launching, Ini Pesan Menperin Soal Komponen Lokal

Suara.com – Hari ini, Rabu (28/4/2021), produk kembar Daihatsu Rocky dan Toyota Raize diluncurkan. Dalam kesempatan itu, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa hadirnya “si kembar” Raize-Rocky akan memperkuat posisi Indonesia sebagai basis produksi.

Dan tak kalah penting, kehadiran kedua produk ini memperbesar peluang ekspor ke negara FTA (Free Trade Agreement). Sejalan manfaat itu, cakupan pemasok lokal termasuk industri kecil dan menengah dalam rantai operasi bisnis otomotif nasional juga bakal diperluas lagi. Demikian dikutip kantor berita Antara dari peluncuran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang berlangsung secara virtual dan Menperin hadir memberikan sambutan.

Menperin Agus Gumiwang. [Suara.com/M Fadil]
Menperin Agus Gumiwang. [Suara.com/M Fadil]

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita berharap PT Astra Internasional selaku produsen berbagai merek mobil di Indonesia mampu meningkatkan komponen lokal, khususnya pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

“Saya berharap PT Astra sebagai produsen kedua model kendaraan tersebut berkomitmen untuk meningkatkan lokal komponen lebih dari 70 persen termasuk mesin, body, sasis, dan transmisi,” kata Menperin secara daring, Rabu (28/4/2021).

Baca Juga: Menperin Apresiasi Dua Produk Kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Toyota Raize diproduksi PT Toyota Astra Motor (TAM) sedangkan Daihatsu Rocky akan diproduksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Kedua mobil ini masuk kategori Compact Sport Utility Vehicle (SUV compact) itu termasuk dalam daftar kendaraan yang berhak menerima insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP).

Dalam kesempatan yang sama, Menperin turut menyampaikan apresiasi kepada Daihatsu, Toyota, serta Astra atas komitmen mereka menjadikan Indonesia sebagai basis produksi kendaraan bermotor.

Ia menilai peluncuran kendaraan yang menggunakan komponen lokal minimal 70 persen ini menjadi bukti kuat komitmen mereka untuk terus melakukan inovasi, investasi berkelanjutan, penyerapan tenaga kerja, serta kerja sama dengan mitra pemasok lokal dalam rangka memperkuat struktur industri otomotif nasional.

Selain itu, hadirnya dua produk baru tersebut juga akan melibatkan lebih banyak SDM industri dan pemasok lokal, termasuk sektor industri kecil dan menengah dalam rantai nilai operasi bisnis Daihatsu dan Toyota di Indonesia.

Baca Juga: Toyota Raize Punya Pilihan GR Sport?

“Kami berharap hal ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis Daihatsu dan Toyota di Indonesia ke depan, sekaligus akan mendukung perekonomian nasional Indonesia secara keseluruhan,” pungkas Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *