Klaster perkantoran meningkat, Menaker minta perusahaan patuhi protokol kesehatan

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta perusahaan agar terus mengikuti protokol kesehatan di tempat kerja, hal ini melihat adanya peningkatan kasus Covid-19 di klaster perkantoran.

“Kita berharap teman-teman baik perusahaan pemerintah maupun perusahaan swasta untuk mengikuti protokol pencegahan Covid-19 di masing-masing tempat kerjanya,” kata Ida dalam keterangan tertulis, Rabu (28/4).

Ida mengatakan, dengan  kesadaran pencegahan penyebaran pandemi di tempat kerja, produktivitas usaha dan pekerja akan berangsur pulih, dan perekonomian nasional juga berangsur kembali normal.

Menurutnya, adanya kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan merupakan bagian dari upaya perlindungan atas keberlangsungan usaha, sekaligus melindungi keselamatan dan kesehatan pekerja di tempat kerja.

Baca Juga: Satgas Covid-19 di perkantoran diminta mengoptimalkan perannya

Adapun, dia juga mengatakan Kementerian Ketenagakerjaan sudah mengeluarkan beberapa aturan untuk pencegahan dan penanggulangan Covid-19 sejak virus ini muncul.

Salah satu aturan tersebut yakni Surat Edaran Menaker Nomor M/3/HK.04/III/2020 tentang Pelindungan Pekerja/Buruh dan Kelangsungan Usaha Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19.

Menurut Ida, aturan pencegahan itu sangat penting dan harusnya diterapkan secara ketat di tempat kerja karena aturan tersebut membantu perusahaan dan perkantoran dalam melakukan perencanaan penanggulangan Covid-19.

“Sebenarnya kalau kita mengikuti aturan itu, menjalankan protokol kesehatan, kita akan bisa tekan penyebaran atau klaster baru di tempat kerja,” kata Ida.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Indonesia dosis kedua mencapai 7.178.768 hingga Selasa (27/4)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *