Menparekraf Hubungi Hyundai, Usahakan Mobil Listrik untuk Destinasi Wisata

Suara.com – Berkunjung ke Indonesia International Motor Show atau IIMS Hybrid 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa pihaknya tengah menghubungi pabrikan otomotif Korea, Hyundai. Tujuannya adalah menghadirkan mobil listrik di destinasi wisata.

“Kami sudah berbicara dengan Hyundai. Jadi setiap destinasi nanti pakai mobil ramah lingkungan,” papar Menparekraf yang baru saja meminang mobil Toyota Corolla Cross hybrid.

Dengan demikian, lanjut Menparekraf, pihaknya berharap masyarakat akan semakin mengenal mobil ramah lingkungan dan mulai beranjak dari produk konvensional.

“Jadi tujuan kami agar semakin banyak masyarakat di setiap destinasi beralih ke kendaraan ramah lingkungan,” tandas Sandiaga Uno.

Baca Juga: Best 5 Oto: Modifikasi Royal Enfield Himalayan, Mobil Listrik Menparekraf

Toyota pamerkan 50 mobil listrik di IIMS 2021. [Antara/Toyota]
Salah satu contoh mobil listrik yang hadir di  IIMS 2021. [Toyota via ANTARA]

Sementara itu, berbincang seputar pengadaan kendaraan non-minyak bumi di destinasi wisata, sebelumnya sudah diterapkan di Bali.

Disebut sebagai Project Electric Vehicle atau EV Smart Mobility, tersedia 20 unit Toyota COMS (BEV), lima unit Toyota C+pod (BEV), serta lima unit Toyota Prius PHEV.

Saat itu, di kawasan Nusa Dua, Bali hadir Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Toyota Indonesia,  didampingi Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier, Menparekraf Sandiaga Uno, serta Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.

Menteri Perindustrian menyatakan bahwa pilot project penggunaan mobil listrik bagi wisatawan di Bali akan berkontribusi pada pembangunan total value chain mobil listrik serta mempercepat industrialisasi kendaraan listrik di Tanah Air.

“Misalnya, yang dilaksanakan di Bali ini adalah satu langkah strategis menciptakan pasar dalam negeri, membangun ekosistem kendaraan listrik, sekaligus mempromosikan EV ecotourism, yang akan mendukung daya tarik wisata di Bali dan Indonesia secara keseluruhan,” papar Menperin saat itu.

Baca Juga: Bertandang ke IIMS Hybrid 2021, Ada Satgas Pencegahan Covid-19

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *