Ini katalis yang bakal menggerakan rupiah hari ini (9/4)

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Pergerakan nilai tukar rupiah pada perdagangan hari ini (9/4) akan ditentukan oleh sentimen eksternal.

Analis Monex Investindo Futures Faisyal mengatakan, pasar menanti pernyataan Gubernur Federal Reserve Jerome Powell terkait outlook ekonomi Amerika Serikat (AS) di masa depan.

“Pernyataan Powell tengah ditunggu pasar, apakah akan hawkish terhadap kondisi ekonomi AS ke depan. Jika sampai outlooknya positif, rupiah berpotensi melemah, apalagi data cadangan devisa juga menurun,” kata dia ketika dihubungi Kontan.co.id, Kamis (8/4).

Faisyal memperkirakan, hari ini rupiah akan diperdagangkan di kisaran Rp 14.440 – Rp 14.580 per dolar Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Simak sentimen yang membuat rupiah melemah ke Rp 14.535 per dolar AS hari ini (8/4)

Pada perdagangan kemarin (8/4), rupiah kembali membukukan pelemahan baik di pasar spot maupun di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Di pasar spot rupiah melemah 0,28% setelah ditutup di level Rp 14.535 per dolar AS. Sementara di kurs JISDOR, rupiah terkoreksi 0,46% ke level Rp 14.580 per dolar AS.

Faisyal meyakini, pelemahan rupiah dipicu oleh proyeksi IMF yang memangkas pertumbuhan ekonomi Indonesia dari 4,8% menjadi 4,3%. 

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *