10 Negara Penghasil Telur Ayam Terbesar yang Ada di Dunia

Telur ayam adalah salah satu lauk yang paling sering kita temui di rumah-rumah. Selain cara pengolahannya yang praktis, sajian berbahan dasar telur pun cukup beragam dan tidak kalah dari segi rasa maupun kandungan gizinya dengan lauk pauk lain. 

Pada tahun 2018, situs Statista.com sendiri telah mencatat produksi telur yang diproduksi di seluruh negara hampir mencapai 76,7 juta metrik ton. Besarnya jumlah konsumsi telur yang ada di dunia memang membuat kita sedikit penasaran. Darimana telur-telur tersebut berasal? 

Nah, untuk mengetahui negara penghasil telur terbesar di dunia. Kali ini Bacaterus akan mengulas daftar negara penghasil telur ayam terbesar yang ada di dunia? Apakah Indonesia menjadi salah satunya? Yuk, simak artikel yang telah kami siapkan untuk kamu berikut ini!

1. China 

China

China adalah salah satu negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia. Jumlah penduduknya, yaitu sekitar 1,4 miliar jiwa, dan menempatkannya sebagai negara terpadat yang ada di dunia. China sendiri terletak di Asia Timur dan menjadi negara terbesar ke-3 yang ada di Dunia. 

Melihat jumlah populasi penduduk China yang tinggi, tidak heran apabila negara yang identik dengan negara komunis ini menjadi salah satu negara yang paling banyak mengkonsumsi telur di dunia. Menurut data yang dirilis oleh Statista.com, China mampu menghasilkan sekitar 661,7 milyar di tahun 2019, dan menempatkannya pada urutan pertama sebagai negara penghasil telur terbesar di dunia.  

2. Amerika Serikat 

Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara adidaya yang dikenal sebagai negara multietnik dan multikultural di dunia. Jumlah penduduk Amerika sendiri tercatat sebanyak 315 juta jiwa. Dan berhasil menempatkan sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ketiga di Dunia. 

Masih dari situ yang sama, Amerika Serikat tercatat sebagai salah satu negara penghasil terbesar di dunia. AS diketahui menempati posisi kedua setelah China, dengan jumlah produksi sekitar 113,2 Milyar telur pada tahun 2019. 

3. Indonesia

 Indonesia

Posiisi ke-3 ditempati oleh negara Indonesia dengan produksi telur mencapai 105,6 Milyar telur pada tahun 2019. Telur sendiri menjadi salah satu sumber protein utama bagi masyarakat yang ada di tanah air. Untuk produksi sendiri berpusat di beberapa provinsi seperti Jawa timur, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat dan juga Sulawesi Selatan. 

Sementara kontribusi terbesar sendiri dipegang oleh provinsi Jawa Timur dengan total produksi mencapai 488 ribu metrik ton, disusul Sumatera Utara sebanyak 233 ribu metrik ton, Jawa Tengah dengan jumlah produksi 226 ribu metrik ton, Jawa Barat dan Sulawesi Selatan yang masing-masing mencapai 150 ribu metrik ton dan 105 ribu metrik ton pada tahun 2019. 

4. India 

India

Negara penghasil telur terbesar ke-4 di dunia adalah India dengan total produksi mencapai 105 milyar telur setahun. Sebagai negara ke-2 dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Jumlah produksi telur yang dihasilkan oleh negara ini tentu menjadi sesuatu yang wajar.

Dikutip dari laman whichcountry.co, India sendiri sempat disebut sebagai negara penghasil ayam terbesar di dunia, dengan jumlah 4,2 juta metrik ton setahun. So, jangan heran bila kamu sedang berkunjung ke negara tersebut banyak penjual kaki lima yang menawarkan jajanan berbahan dasar telur seperti omelette, egg curry dan egg stuffed paratha dan masih banyak lagi. 

5. Meksiko 

Meksiko

Meksiko adalah negara yang terletak di Amerika Utara. Meksiko dikenal sebagai negara terbesar ke-3 di Amerika Serikat dan menempati urutan ke-10 sebagai negara terpadat di dunia dengan jumlah populasi penduduk sekitar 121,7 juta jiwa. 

Selain dikenal sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia,  negara yang berbatasan dengan Amerika Serikat ini juga merupakan penghasil telur ayam terbesar di dunia. Jumlah produksi telur ayam dari negara ini, yaitu sekitar 55,6 milyar pertahun dan menempati pada posisi ke-5 menurut situs tersebut.

6. Brazil 

Brazil

Negara penghasil telur ayam terbesar selanjutnya dipegang oleh negara Brazil. Brazil sendiri merupakan salah satu negara yang masuk dalam peringkat 10 negara dengan tingkat populasi penduduk yang tinggi, yaitu mencapai 214 juta jiwa. 

Baca juga:

Selain kopi yang menjadi komoditi terbesar yang dihasilkan oleh negara ini, telur juga menjadi salah satu komoditi yang cukup banyak diproduksi. Menurut catatan yang dimiliki Statista.com, Brazil diketahui mampu memproduksi telur ayam mencapai 55,4 milyar telur per tahun. Hal tersebut mengukuhkannya di urutan ke-6 sebagai negara penghasil telur ayam terbanyak di dunia. 

7. Rusia

Rusia

Russia adalah negara penghasil telur yang juga masuk dalam daftar yang dirilis oleh Food and Agriculture Organization pada tahun 2018. Negara yang berada di posisi puncak sebagai negara terluas di dunia ini mampu memproduksi telur sekitar 44,9 Milyar pertahun. Hal itulah yang menempatkannya pada posisi ke-7 sebagai negara penghasil telur terbesar di dunia.

Realnoye Vremya, sebuah media daring menyebutkan bahwa telur yang ada di Rusia menjadi salah satu bahan pangan yang memiliki harga relatif lebih murah dibanding harga telur yang ada di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. 

8. Jepang 

Jepang

Di urutan ke-8 diraih oleh negeri Sakura, Jepang. Negara ini mampu menghasilkan telur ayam sebanyak 43,9 milyar telur per tahun. Negara yang menduduki urutan ke-3 sebagai negara dengan tingkat perekonomian terbesar ini memang sangat menarik. 

Meskipun Jepang memiliki permasalahan penurunan jumlah penduduk setiap tahunnya yang sangat serius, namun negara yang terletak di Asia Timur ini dikenal sebagai salah satu negara Asia dengan tingkat konsumsi telur yang tinggi. Salah satu kuliner berbahan dasar telur yang cukup terkenal antara lain adalah Tamago Kake Gohan, yaitu nasi yang dicampur telur mentah dan Tamagoyaki atau telur dadar khas Jepang. 

9. Turki 

Turki

Negara penghasil telur terbesar selanjutnya di tempati oleh negara yang terletak di kawasan Eurasia, yaitu Turki. Jumlah produksi telur yang mampu dihasilkan oleh negara ini setiap tahunnya bisa mencapai sekitar 19,9 milyar telur. Jumlah tersebut menempatkannya pada posisi ke-9 menurut data survey yang telah dirilis oleh situs Statista.com.

Telur sendiri menjadi salah satu sajian khas yang cukup mudah ditemukan di Turki. Salah satu yang cukup populer di sana adalah Cilbir, yaitu sejenis poached egg yang dihidangkan dengan Yogurt dan rempah-rempah khas yang ada di negara tersebut.

10. Pakistan

Pakistan

Pakistan merupakan negara penghasil telur terbesar di dunia yang menempati posisi ke-10 menurut data yang telah dirilis oleh situs Statista.com. Negara yang secara geografis terletak di Asia Selatan tersebut diketahui mampu memproduksi telur sekitar 19,5 milyar pertahun.  

Pakistan sendiri memiliki tradisi unik ketika menjelang bulan Ramadhan. Nah, para pria di negara ini biasanya saling mengetukkan telur rebus. Aturan permainannya sendiri cukup mudah, mereka harus menjaga telur yang dilempar pada lawannya tetap utuh dan tidak rusak. Jika telur tersebut rusak, maka dialah yang kalah. 

Demikianlah 10 Negara penghasil telur terbesar di dunia yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu. Keberadaan telur yang melimpah memang menjadi keuntungan tersendiri bagi masyarakat. Selain dapat memenuhi kebutuhan protein setiap hari, harganya yang relatif lebih murah menjadi anugerah tersendiri. Nah, kira-kira bagaimana menurut pendapatmu? Tulis di kolom komentar, ya!

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *