Sinopsis & Review Exit (2019), Aksi Heroik Pemuda Pengangguran

Menjadi anak laki-laki pengangguran dalam satu keluarga, pasti bukan posisi yang menyenangkan. Namun, Jo Jung Suk mampu membuktikan bahwa yang berharga padanya bukan hanya penghasilan, melainkan keberanian. Dalam perannya di film Exit, aktor ini beradu akting bersama si cantik Yoon Ah. Keduanya berusaha sekuat tenaga menyelamatkan orang-orang dari bahaya gas beracun.

Diproduseri oleh Ryoo Seung Wan dan Kang Hye Jung, Exit jadi fenomena tersendiri menyusul keberhasilan beberapa film Korea sebelumnya seperti Extreme Job (2019), Parasite (2019), Along with the Gods: The Two Worlds (2017), hingga Miracle in Cell No.7 (2013). Penasaran dengan aksi penyelamatan yang dilakukan pemuda pengangguran bersama mantan kekasihnya ini? Mari baca terlebih dahulu sinopsis dan review-nya sebelum mulai menonton. Simak yuk!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tanggal/Tahun Penayangan: 31 Juli 2019
  • Genre: Disaster, Komedi, Family
  • Pemain: Jo Jung Suk, Im Yoon Ah, Go Doo Shim, Park In Hwan
  • Sutradara: Lee Sang Geun
  • Produksi: Filmmaker R & K

Apa yang akan Anda lakukan ketika keadaan yang semula tenang berubah porak-poranda setelah bencana gas beracun menyebar ke seluruh penjuru kota? Sementara pada saat bersamaan, Anda sedang mengadakan pesta perayaan yang cukup penting dan di dalamnya terdapat seluruh anggota keluarga yang disayangi? Upaya menyelamatkan diri tentu menjadi yang utama, berikut dengan keselamatan seluruh anggota keluarga.

Pengalaman menegangkan tersebut harus dialami oleh Lee Yong Nam (Jo Jung Suk) dan keluarganya. Semua bermula ketika seorang insinyur kimia membawa truk tangki berisi gas beracun dan membawanya keliling kota. Gas tersebut tersebar begitu saja dan menyebabkan banyak korban.

Lee Yong Nam adalah seorang pemuda yang cukup terkenal semasa di bangku kuliah. Dia cukup populer dan berprestasi sebab menyandang predikat sebagai salah satu pemanjat tebing terbaik di kampusnya. Selepas menyelesaikan kuliah, Yong Nam tidak segera mendapatkan pekerjaan. Hasilnya sepanjang hari dia hanya berdiam di rumah bersama kedua orangtua dan kakak perempuannya yang bernama Jung Hyun (Kim Ji Young).

Menjelang hari ulang tahun ibunya, Jung Hyun meminta Yong Nam menyiapkan pesta. Berbekal niat untuk menyenangkan sang ibu, Yong Nam menyanggupi hal tersebut walau dengan keterbatasan. Lelaki pengangguran tersebut kemudian memilih restaurant Cloud Green yang ada di sebuah gedung bertingkat.

Dia sengaja memilih tempat tersebut karena di sana ada Eui Joo (Im Yoon Ah), mantan kekasihnya semasa kuliah. Eui Joo merupakan pekerja di resto itu. Punya niat terselubung, Yong Nam tidak henti mengarang cerita kesuksesan pada Eui Joo. Namun gadis itu segera mengetahui bahwa Yong Nam sedang berbohong.

Ketika pesta sedang berlangsung, keadaan di luar resto berubah tidak terkendali akibat gas beracun yang sudah mulai tersebar. Mendengar ada keributan, Yong Nam dan keluarganya berusaha melihat yang sedang terjadi. Mereka lantas segera kembali ke resto ketika mengetahui gas tersebut berbahaya bagi nyawa manusia.

Gas pun mulai naik ke arah yang lebih tinggi. Mengetahui ada bahaya besar mengancam, Yong Nam dibantu Eui Joo melakukan penyelamatan dengan membawa para tamu, anggota keluarga naik ke bagian atas restoran. Namun, sayangnya pintu untuk menuju ke sana dalam keadaan terkunci.

Tidak bisa menunggu lebih lama lagi, Yong Nam memilih cara ekstrem yang membuat seluruh anggota keluarga dan pengunjung di sana kaget. Dia dengan yakin memecahkan jendela kemudian mengambil seutas tali. Berbekal tali tersebut, Yong Nam berusaha naik hingga ke atas gedung dan mulai menyelamatkan keluarga dan pengunjung di sana.

Setelah semua berhasil naik dan diselamatkan oleh helikopter yang dikirim sebagai bantuan, giliran Yong Nam dan Eui Joo yang naik. Malang, keduanya tidak bisa ikut sebab helikopter sudah berada dalam posisi kelebihan muatan. Bagaimana akhirnya nasib mereka berdua? Mampukah Yong Nam menyelamatkan dirinya dan Eui Joo?

Film Action dan Komedi

Film Action dan Komedi

Upaya menyelamatkan diri dari ancaman kematian selalu menegangkan. Film-film sejenis ini sudah banyak diproduksi, terutama oleh industri perfilman Hollywood. Dalam film Exit, musuh nyata mereka adalah gas beracun yang dapat mengancam nyawa. Jo Jung Suk dan Yoon Ah berkejaran dengan waktu, bukan hanya untuk menyelamatkan diri sendiri, melainkan juga orang lain.

Premis yang sudah sangat menegangkan tersebut, nyatanya dieksekusi dengan tambahan bumbu-bumbu komedi. Hasilnya? Saat menonton Exit, Anda bukan hanya ikut merasakan ketegangan tapi juga dibuat geli oleh beberapa adegan dan dialog yang lucu.

Baca juga:

Ketegangan yang diberikan oleh film ini antara lain saat kedua bintang harus bermain di ketinggian. Adegan-adegan memanjat gedung menggunakan tali, meluncur di antara gedung yang berjauhan hingga tanpa sengaja menginjak bagian gedung yang rapuh dijamin membuat Anda deg-degan. Menariknya, adegan menegangkan tersebut diselingi dengan aksi konyol dan celetukan tidak penting yang membuat film ini sangat bisa dinikmati.

Melampaui Rekor Extreme Job dan Along with The Gods

Melampaui Rekor Extreme Job dan Along with The Gods

Tidak sia-sia Jo Jung Suk dan Yoon Ah mengerahkan tenaganya untuk berlari ke sana-ke sini dan mengambil risiko dengan memanjat gedung tanpa pemeran pengganti karena film ini meraih hasil penjualan yang sangat memuaskan. Hanya butuh waktu dua minggu setelah rilis perdananya di bioskop, film ini ditonton oleh lebih dari 6 juta penonton.

Ia juga berhasil menembus penjualan satu juta tiket lebih cepat dibanding film fenomenal Extreme Job (2019) dan Along with the Gods: The Two Worlds (2017). Di Amerika Serikat sendiri, Exit berhasil mendapatkan penghasilan sebesar USD 32,4 ribu. Sementara untuk global, sebab film ini juga turut diputar di 15 negara, penghasilan yang diraihnya mencapai USD 69,50 juta.

Bukan hanya unggul dalam kecepatan penjualan tiket, Exit juga berhasil menduduki posisi sebagai pertingkat pertama di box office dalam waktu dua hari berturut-turut. Ia menjadi film kedua setelah Parasite (2019) berhasil melakukan hal itu lebih dulu.

Dibintangi Aktor Aktris Papan Atas

Dibintangi Aktor Aktris Papan Atas

Bukan hanya premis dan eksekusi yang menarik, film ini juga jeli menduetkan aktor dan aktris papan atas Korea Selatan, yaitu Jo Jung Suk dan Im Yoon Ah. Keduanya adalah jaminan akting yang berkualitas serta visual yang memanjakan mata. Kemampuan berlakon mereka sudah dibuktikan dengan sederet drama dan film yang dibintangi.

Jo Jung Suk misalnya, sebelum bergabung dalam pembuatan Exit aktor ini sudah terlibat dalam pembuatan film Hit and Run Squad bersama Ryu Jun Yeol dan Gong Hyo Jin di tahun yang sama.  Sementara Im Yoon Ah sukses menjadi main role dalam beberapa judul drama, salah satunya The K2 (2016) bersama Ji Chang Wook.

Selain dua nama selebritas tersebut, film arahan sutradara Lee Sang Geun ini juga turut dibintangi oleh para senior yang masih sangat lihai berakting. Mereka adalah Go Doo Shim dan Park In Hwan. Kolaborasi antara semua pemain dalam film ini berhasil menyuguhkan tontonan yang sangat menghibur.

Banjir Penghargaan

Banjir Penghargaan

Kesuksesan dalam hal penjualan disusul dengan banyak penghargaan yang dialamatkan untuk film ini berikut pemain dan kru yang terlibat. Im Yoon Ah sendiri memenangkan dan masuk ke dalam beberapa nominasi dalam ajang yang berbeda. Antara lain menang sebagai Popular Star Award dalam penghargaan Blue Dragon Film Awards (2019) dan Best Artist Awards, Actress (Movie) dalam Asia Artist Awards (2019).

Tidak kalah dengan Yoon Ah, Jo Jung Suk juga masuk dalam beberapa kategori penghargaan. Dia menjadi nominasi untuk Best Actor di ajang Blue Dragon Film Awards (2019), Best Actor di Chunsa Film Art Awards 25th (2020) dan nominasi yang sama di ajang penghargaan Baeksang Arts Awards 56th.

Bukan hanya para pemain yang mendapat apresiasi bergengsi. Lee Sang Geus yang sukses meramu dan memadukan unsur laga dengan komedi dalam film ini juga mendapat penghargaan. Dia meraih predikat sebagai Best New Director pada penghargaan Blue Dragon Film Awards (2019), dan Best Screenplay di Baeksang Arts Awards 56th (2020).

Sementara untuk filmnya sendiri, Exit berhasil memenangkan penghargaan White Mulberry Award as Best First Film pada 22nd Far East Film Festival (2020). Film action sekaligus komedi ini pun dinominasikan sebagai Best Film saat penyelenggaraan Baeksang Arts Awards 56th (2020).

Tidak banyak film action yang bisa membuat Anda tegang sekaligus tertawa saat menontonnya. Exit salah satu dari sedikit film yang mampu melakukan itu. Bagaimana pun, ada banyak alasan untuk menyaksikan film yang dibintangi oleh Jo Jung Suk dan Im Yoon Ah ini. Sudah siap terhibur? Agendakan segera untuk menyaksikannya!

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *