Mendag pastikan stok pangan aman jelang puasa dan lebaran

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan stok bahan pangan aman menjelang puasa dan lebaran. Hal itu disampaikan Lutfi usai meninjau stok dan harga di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta.

Pasar Induk Kramat Jati disebut sebagai hulu untuk mengetahui harga bahan pangan di pasar ritel. “Saya bisa pastikan bahwa puasa Ramadan tahun ini harga-harga stabil, harga-harga terjangkau bahkan dengan adanya panen kemungkinan besar akan menurun,” ujar Lutfi usai meninjau pasar, Rabu (7/4).

Harga bawang merah dan bawang putih disebutkan stabil di bawah Rp 21.000 per kilogram (kg). Selain itu harga cabai juga telah turun hingga mencapai Rp 70.000 per kg.

Lutfi juga menyebut harga beras masih dalam kondisi stabil dengan stok yang dinilai cukup saat puasa dan lebaran. Tak hanya harga terjangkau, Lutfi menjamin bahwa stok pangan tersedia dan aman memasuki puasa dan lebaran.

Baca Juga: Harga kedelai global naik, Kemendag dan pedagang jaga harga nasional

“Saya jamin, saya pastikan barangnya ada dan tersedia,” terang Lutfi.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) harga cabe rawit merah sebesar Rp 87.150 per kg sementara cabai rawit hijau Rp 57.300 per kg. Sementara itu minyak goreng mengalami kenaikan hingga Rp 14.800 hingga Rp 15.350 per kg.

Harga tersebut sudah melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang diatur. Lutfi bilang kenaikan harga minyak goreng disebabkan naiknya harga minyak sawit atau Crude Palm Oil (CPO) sebagai bahan bakunya.

Harga daging yang rawan naik juga saat ini berada di kisaran Rp 113.900 hingga Rp 123.250 per kg. Sedangkan harga daging ayam Rp 35.550 per kg dan telur ayam Rp 24.850 per kg.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *