Desainer Asal Jerman Kembangkan Kendaraan Khusus Penyandang Disabilitas

Suara.com – Seorang desainer asal Jerman, Eric Grams merancang sebuah kendaraan khusus untuk penyandang disabilitas.

Melansir Autoevolution, kendaraan yang diberi nama Ligna ini sedikit berbeda dari biasa. Ditujukan khusus untuk orang-orang yang menyandang cacat fisik dan kehilangan kemampuan untuk menggunakan kaki mereka, tetapi masih ingin tetap beraktivitas.

Pada dasarnya Ligna adalah sepeda yang bisa dioperasikan dengan tangan. Eric Grams lantas memadukannya dengan satu unit motor listrik untuk menghasilkan tenaga gerak yang disalurkan ke roda belakang.

Secara desain, Ligna dibentuk dengan tiga roda penopang. Satu roda utama di bagian belakang dan dua roda lainnya berada di bagian depan. Bahan material yang digunakan juga khusus. Yaitu material kayu.

Baca Juga: Kreatif, Mahasiswa Ciptakan Desain Mobil Konsep Suzuki Jimny Hybrid

Ligna, sepeda untuk penyandang disabilitas pada kaki [Autoevolution, foto Eric Grams].
Ligna, sepeda untuk penyandang disabilitas pada kaki [Autoevolution, foto Eric Grams].

Fungsinya tidak sebatas tampilan atau nuansa estetika, tetapi fungsionalitas kenyamanan tetap diperhitungkan.

Menurutnya kayu veneer yang diperkuat dengan fiberglass bisa mencapai hasil sesuai keinginan desainer. Pengujian lebih lanjut mengungkapkan bahwa penggunaan kain serat dapat mencapai hasil serupa fiberglass, tanpa produk sampingan berbahaya.

Kekinian, kendaraan yang dirancang khusus bagi penyandang disabilitas ini masih sebatas kendaraan konsep. Tidak diketahui apakah nantinya akan masuk jalur produksi dan dapat benar-benar membantu orang dengan kebutuhan khusus tadi.

Sebagai catatan, salah satu pengguna kendaraan khusus penyandang disabilitas yang dioperasikan pakai tangan adalah mantan driver balap Formula One (F1) Alex Zanardi. Di kejuaraan balap menggunakan konsep sepeda pancal ini, ia langganan juara.

Terakhir, terus semangat mesti mengalami kecelakaan jalan raya hingga koma. Kondisi lelaki bernama panjang Alessandro Zanardi, kelahiran 23 Oktober 1966 itu kini sudah membaik, dari kecelakaan dua tahun lalu.

Baca Juga: Operasi Kepala, Alex Zanardi Disemangati via Liga Italia

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *