5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Terjadi Banjir

Masyarakat Indonesia dikejutkan dengan berita musibah banjir di beberapa kota besar. Apakah anda salah satu yang terkena dampak musibah banjir tersebut?

Banjir dapat terjadi karena berbagai faktor seperti hujan besar yang turun terus menerus dan saluran pembuangan air yang mampet. Di beberapa wilayah rawan banjir, hal yang menjadi penyebab banjir sulit untuk dikendalikan.
Oleh karena itu, ada baiknya kita memperhatikan beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat banjir.

Dengan begini, anda bisa mengantisipasi datangnya banjir mendadak sepanjang musim hujan masih belum berlalu.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengantisipasi terjadinya banjir :

  1. Persiapkan Survival Kit

Survival kit atau perlengkapan darurat dapat disiapkan di tempat yang mudah dijangkau apabila terjadi bencana, seperti banjir, gempa bumi, atau kebakaran. Umumnya perlengkapan tersebut meliputi makanan ringan, obat pertolongan pertama, dan air mineral. Bila daerah anda rawan terkena bencana banjir, siapkan survival kit sejak awal agar dapat mengungsi secepatnya saat banjir tiba.

  1. Cabut Aliran Listrik

Jika anda sudah mengetahui adanya peringatan soal air banjir semakin meninggi, anda harus mencabut aliran listrik rumah atau menghubungi pihak yang bersangkutan atau PLN untuk mematikan aliran listrik di sekitar daerah yang terkena banjir. Tujuannya agar terhindar dari korsleting listrik yang mengakibatkan terjadinya kebakaran.

  1. Amankan Barang Berharga ke Tempat Tinggi

Pindahkan barang-barang penting yang bisa dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Misal, ke atas lemari, ke atas meja makan atau jika Anda memiliki rumah berlantai dua, sebaiknya pindahkan barang berharga ke lantai dua rumah Anda. Hal ini untuk menghindari barang-barang yang anda miliki rusak atau terbawa banjir.

  1. Cari Tempat Pengungsian Terdekat

Jika tempat tinggal anda berada di dataran rendah, tidak ada kemungkinan kalau debit air banjir akan semakin meninggi. Sebaiknya anda mengungsilah ke dataran yang lebih tinggi atau ke daerah yang tidak terkena banjir. Jangan lupa untuk membawa beberapa barang penting yang anda miliki.

  1. Jaga Kesehatan

Hal yang harus diwaspadai saat banjir adalah penyakit yang umum menyerang saat banjir tiba, misalnya demam berdarah dan kolera. Selalu jaga kesehatan anda agar tidak mudah terkena penyakit tersebut. Saat banjir menyusut, prioritaskan membersihkan rumah dari seluruh kotoran atau binatang yang terbawa akibat banjir agar tidak menjadi sarang penyakit.
 

(ARV)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *