Torino jegal ambisi Juventus dekati puncak

Jakarta (ANTARA) – Torino menjegal ambisi Juventus mendekati puncak klasemen Liga Italia setelah memaksakan Derbi Turin berakhir imbang 2-2 dalam laga pekan ke-29 di Stadion Olimpico Grande Torino, Turin, Italia, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Dengan hasil itu, Juventus kini melorot ke peringkat keempat dengan raihan 56 poin, setelah disalip oleh Atalanta (58) yang menang dalam pertandingan lebih awal, dan kini tertinggal sembilan poin dari Inter Milan (65) di puncak.

Sedangkan Torino (24) masih tertahan di bibir zona degradasi dengan jarak aman dua poin dari para pesaingnya, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Baca juga: Juve skorsing tiga pemain karena langgar protokol kesehatan

Kendati kedua tim memasuki laga terpisah dengan jarak 21 poin, Torino mampu memberi perlawanan berarti bagi Juventus.

Peluang awal Juve melalui sepakan sudut sempit Alvaro Morata bisa diamankan kiper Salvatore Sirigu, sebaliknya tembakan Rolando Mandragora menyambut umpan Cristian Ansaldi masih melenceng tipis di luar gawang.

Pada menit ke-13, Juve membuka keunggulan melalui aksi Federico Chiesa menyelesaikan umpan kerja sama satu dua bersama Morata dengan mengolongi Sirigu untuk mencetak gol ke gawang tuan rumah.

Tertinggal satu gol Torino berusaha membalas tetapi eksekusi tendangan bebas Simone Verdi dan sepakan Tomas Rincon dihalau oleh Alex Sandro yang pasang badan menghalau bola di muka gawang.

Kerja keras Torino membuahkan hasil pada menit ke-27 saat Madragora melepaskan tembakan keras dari tepian kotak penalti yang berusaha dihalau oleh kiper Wojciech Szczesny tetapi bola pantul berhasil ditanduk oleh Antonio Sanabria demi membuat kedudukan imbang 1-1.

Baca juga: Juve jajaki datangkan Manuel Locatelli dari Sassuolo
Baca juga: Alvaro Morata yakin Cristiano Ronaldo masih “bahagia” di Juventus

Di pengujung babak pertama, Juan Cuadrado mengirim umpan silang bagus ke dalam kotak penalti tetapi sundulan Morata masih bisa diamankan oleh Sirigu demi memaksakan skor imbang bertahan hingga turun minum.

Torino mengawali babak kedua dengan sangat baik, memanfaatkan umpan buruk Dejan Kulusevski yang dipotong Sanabria. Sanabria lantas mampu memperdaya Matthijs de Ligt sebelum melepaskan tembakan yang tak mampu dihentikan Szczesny demi membawa Torino berbalik memimpin 2-1.

Tertinggal 1-2, Juve berjibaku untuk mengejar ketertinggalan tetapi tembakan Chiesa serta tiga peluang lain dari Cristiano Ronaldo masih tak kunjung menemui sasaran.

Pada menit ke-78, Ronaldo akhirnya berhasil menjebol gawang Torino menyambut umpan silang Federico Bernardeschi yang sempat dipantulkan oleh Giorgio Chiellini.

Gol itu awalnya dianulir lantaran hakim garis mengangkat bendera pertanda offside, tetapi setelah berkonsultasi dengan VAR wasit Michael Fabbri akhirnya mengesahkan gol yang membuat kedudukan imbang 2-2 tersebut.

Lima menit kemudian, Rodrigo Bentancur hampir membuat Juve berbalik memimpin lagi, tetapi tembakannya dari tepian kotak penalti membentur beberapa pemain sebelum menghantam tiang gawang dan disapu oleh lini belakang Torino.

Sebaliknya, pada pengujung waktu normal Sanabria hampir membawa Torino mengunci kemenangan ketika berdiri bebas menanduk umpan silang Mergim Vojvoda, tetapi Szczesny mampu menepis bola ke atas mistar gawang.

Szczesny kembali melakukan penyelamatan pada menit keempat injury time saat ia mementahkan eksekusi tendangan bebas Daniele Baselli demi memaksa skor imbang 2-2 bertahan hingga bubaran.

Di pertandingan selanjutnya, Torino akan melawat ke markas Udinese pada Sabtu (10/4) pekan depan, sedangkan Juve sehari kemudian menjamu Genoa di Stadion Allianz.

Baca juga: Atalanta dan Napoli salip Juve, Roma tertahan di markas Sassuolo
Baca juga: Peluang scudetto Milan menipis selepas diimbangi Sampdoria

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *