PT Jasa Marga Sosialisasikan FLO, Undang Komunitas Otomotif Roda Empat

Suara.com – FLO, seperti dikutip dari situsnya, flo.id, adalah solusi pembayaran tol berbasis server dan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) di Indonesia. PT Jasa Marga (Persero) Tbk merilis inovasi teknologi terbaru yang memungkinkan para pengguna tol bisa melakukan pembayaran dengan fitur ini, tanpa harus menyentuh bahkan tidak perlu membuka kaca jendela mobil.

“Cara terbaru ini juga bisa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di GTO (Gerbang Tol Otomatis). Om & Tante tinggal atur kecepatan secukupnya saat memasuki GTO dan bisa langsung melanjutkan perjalanan,” jelas Putri Kamil, Bussiness & Marketing Let It Flo PT Jasa Marga (Persero), dalam keterangan resmi yang dikutip kantor berita Antara.

Kepraktisan teknologi dari PT Jasa Marga yang disebut FLO ini adalah sistem pembayaran tol prabayar dengan basis aplikasi smartphone dan stiker, di dalamnya terdapat teknologi RFID, serta menggunakan source of fund berbasis Voucher Electronic (VE).

Ilustrasi, uji coba gardu tol khusus pengguna aplikasi sistem transaksi single lane free flow bernama FLO di Gerbang Tol Cengkareng, Jakarta [Dokumentasi Jasa Marga via ANTARA].
Ilustrasi, uji coba gardu tol khusus pengguna aplikasi sistem transaksi single lane free flow bernama FLO di Gerbang Tol Cengkareng, Jakarta [Dokumentasi Jasa Marga via ANTARA].

Fitur FLO menjadi salah satu cara PT Jasa Marga (Persero) untuk memutus mata rantai Covid-19, karena cara kerjanya bisa mengurangi kontak langsung saat berada di Gardu Tol. Yaitu tidak perlu melakukan tapping atau menempelkan kartu pada mesin saat melakukan pembayaran.

Baca Juga: Teknologi Nirsentuh dan Stiker RFID untuk Transaksi Tol Masih Uji Coba

Komunitas otomotif roda empat di Tanah Air mendapat kesempatan mencoba layanan FLO, yang disebut sebagai “Let It FLO” atau bisa diartikan sebagai “Tidak perlu melakukan tapping, biarkan FLO yang bekerja”.

Ada 70 member dari Avanza Veloz Velozity, Chapter De Bogor’S, JVC, VELBEC dan DVECTA ikut mencoba secara langsung.

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi yang tersedia di PlayStore dan juga AppStore, kemudian praktek melakukan transaksi tanpa berhenti dengan kecepatan yang juga harus disesuaikan saat melewati Gerbang Tol.

Ketua chapter Velozity De Bogor’S, Vina Sasta mengatakan bahwa dirinya pernah mengalami kesulitan untuk membayar menggunakan e-toll karena kesalahan teknis atau masalah lain yang dihadirkan pada mesin itu sendiri.

“Ternyata FLO bisa menjadi solusi untuk kendala yang saya atau mungkin banyak orang alami selama ini,” demikian komentar Vina Sasta.

Kini, dengan mengunduh aplikasi itu, pengguna jalan tol tak perlu lagi melakukan tapping,atau waktu terbuang karena sibuk mencari kartu e-toll.

Baca Juga: Video Viral Uji Coba Bayar Tol Pakai RFID, Jasa Marga Berikan Penjelasan

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *