Masih bingung? Begini cara melakukan pembayaran denda tilang ETLE nasional

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Program tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) nasional tahap pertama pada Selasa (23/3/2021) sudah resmi dirilis oleh Korlantas Polri. 

Berlaku di 19 Polda terdaftar, langkah ini diharapkan bisa meningkatkan layanan masyarakat dalam menertibkan pelanggar lalu lintas di samping menekan potensi perlakuan tilang oleh oknum di lapangan. 

Adapun ketentuan dan sanksi pelanggaran lalu lintas yang terekam oleh kamera ETLE masih mengacu pada Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

“Operasi ETLE juga tidak dibatasi nomor polisi kendaraan, artinya bisa lintas wilayah,” jelas Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono saat peluncuran. 

Baca Juga: Berlaku nasional, ini denda dan jenis pelanggaran yang ditindak tilang online

Lantas, bagaimana cara melakukan pembayaran denda tilangnya?

Melansir laman resmi Polri, saat pelanggar tertangkap oleh kamera, maka data terkait akan dikirim ke back office. Anggota akan segera langsung melakukan verifikasi. 

Setelah semua bukti terpenuhi, dikeluarkanlah surat konfirmasi yang ditunjukkan ke pelanggar atau pengendara tersebut. Pelanggar yang menerima surat konfirmasi wajib melakukan klarifikasi. 

Baca Juga: Korlantas Polri siapkan aplikasi perpanjang dan ujian SIM online

Ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu manual dan online. Jika ingin manual, kunjungi posko atau giro ETLE yang beroperasi pada Senin-Jumat sekitar pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Khusus Sabtu, hanya buka sampai pukul 14.00 WIB.

Sedangkan online bisa melalui ETLE-PMK.info. Anda hanya perlu untuk memasukkan kode referensi pelanggaran dan nomor polisi kendaraan. Jika pengisian data berhasil, sistem akan mengirimkan kode BRIVA untuk pembayaran denda melalui bank. 

Baca Juga: Hari ini Selasa 23/3/2021 tilang online berlaku nasional, simak besaran dendanya

“Jangan abai jika mendapat surat konfirmasi tilang elektronik. Karena jika tidak diproses selama delapan hari sejak diterima, secara otomatis STNK akan diblokir,” kata Istiono. 

“Sehingga, tidak dapat dilakukan perpanjangan maupun pengesahan kembali,” lanjut dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Begini Cara Melakukan Pembayaran Denda Tilang ETLE Nasional
Penulis : Ruly Kurniawan
Editor : Azwar Ferdian

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *