5 Rekomendasi Lem Untuk Wallpaper dan Jenis Wallpaper-nya

Berbicara mengenai hunian yang nyaman tentu tidak jauh-jauh dari hal yang berkenaan dengan interior dan eksterior hunian. Untuk mendapatkan hunian atau rumah yang nyaman tentu perlu perawatan dan penataan yang apik. Banyak orang yang bermain dengan warna cat dinding agar memberi tampilan estetik.  

Namun sekarang kamu tak perlu repot mengganti warna cat dinding hanya untuk mendapatkan suasana dan kesan yang kamu inginkan. Sebab kini telah hadir wallpaper yang bisa mempermudah penataan interior rumah. Pengaplikasian wallpaper mudah dan praktis. Kamu hanya perlu lem untuk merekatkan pada dinding. Apa saja jenis wallpaper dan lem yang bagus untuk interior? Simak yuk penjelasannya.

Jenis Wallpaper

Berdasarkan jenisnya, wallpaper terdiri dari dua jenis, yaitu wallpaper 2D dan wallpaper 3D. berbedaan dua jenis wallpaper ini adalah pada jenis gambar yang dihasilkannya. Keduanya dapat kamu gunakan sebagai hiasan untuk memperindah tampilan ruangan.

Material wallpaper baik yang 2D atau pun 3D tersedia dalam beragam jenis. Ada yang terbuat dari material kertas ada pula yang terbuat dari bahan plasti tebal yang fleksibel sehingga mudah dibentuk. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

  • Wallpaper Kertas

Wallpaper kertas merupakan pelapis dinding yang banyak sekali terdapat di pasar atau toko-toko interior. Selain itu, wallpaper kertas adalah jenis yang paling banyak digunakan di antara jenis wallpaper lainnya.

Tak heran jika wallpaper ini begitu digemari sebab ia punya keunggulan, di antaranya adalah banyaknya pilihan motif yang bisa disesuaikan dengan selera pelanggan. Selain itu, ada pula toko bahan interior yang menyediakan wallpaper custom. Pelanggan dapat memesan motif, warna dan bahan yang diinginkan.

  • Wallpaper Vinyl

Wallpaper yang terbuat dari jenis serat plastik atau vinyl ini merupakan salah satu di antara jenis wallpaper favorit. Wallpaper vinyl banyak digunakan untuk pelapis dinding di rumah dan juga di kantor atau ruangan lainnya.

Wallpaper yang terbuat dari vinyl punya keunggulan dari segi daya tahan, yaitu ia lebih awet dan mudah dibersihkan. Kamu dapat membersihkan wallpaper dinding yang terbuat dari vinyl dengan air saat ia terkena noda atau cairan kotor.

Jika dindingmu lembap dan terdapat rembesan air, wallpaper vinyl tidak akan menjadi kotor dan berjamur.

  • Wallpaper Kain

Wallpaper kain dibuat dari serta kain tebal. Sama dengan wallpaper vinyl, wallpaper kain punya daya tahan yang bagus terhadap cuaca dan noda. Ia tidak akan mudah rusak saat terkena noda.

Jika wallpaper kain terkena debu atau kotoran, kamu dapat membersihkannya hingga bersih. Kalau kamu ingin wallpaper yang awet dan tidak memerlukan banyak perawatan, wallpaper ini bisa jadi salah satu yang direkomendasikan.

  • Wallpaper Serat Alami

Wallpaper yang terbuat dari serat bambu alami memberikan nuansa klasik yang cocok bagi kamu yang menginginkan suasana tenang dan rileks. Pemilihan wallpaper seperti ini pula dapat menghadirkan kesan etnik yang sangat kental dengan nuansa alam.

Wallpaper jenis ini memiliki kekuatan yang baik dari segi daya tahan. Selain itu, ia mempunyai motif yang beraneka ragam dan desain yang ekslusif. Disebut ekslusif sebab desainnya tidak dibuat masal sehingga hanya segelintir orang saja yang menggunakan desain wallpaper serat alami seperti ini.

  • Wallpaper Foil

Jika kamu menyukai ruangan yang glamor dan terkesan mewah, kamu dapat memilih wallpaper foil untuk interior hunianmu. Wallpaper jenis ini punya efek mengkilap dan warna yang terang. Pemakaian wallpaper seperti ini cocok ruangan yang difungsikan untuk tempat bekerja.

Wallpaper yang terbuat dari bahan foil punya daya tahan yang tak kalah bagus dari wallpaper lainnya. Ia tahan terhadap suhu, air dan debu. Jenis wallpaper ini dapat digunakan untuk pemakaian jangka panjang.

  • Wallpaper Cair

Ini dia jenis wallpaper yang tidak ditempel. Jenis wallpaper cair merupakan wallpaper yang pengaplikasiannya dicetak menggunakan kuas roller bermotif. Cara menggunakannya mirip seperti mengecat dinding dengan kuas roller biasa hanya saja hasilnya berbeda.

Wallpaper cair ini mempunyai bahan cat yang yang dicairkan terlebih dahulu lalu setelah itu sapukan roller ke permukaan dinding yang akan dicat.

Desain motif dan warna wallpaper dinding dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan. Kamu hanya perlu kreatifitas untuk menciptakan pola tersendiri untuk hunianmu.

Baca juga: Merk Lem Terbaik untuk Merekatkan Bahan Styrofoam

Rekomendasi Lem untuk Wallpaper yang Bagus

Memasang wallpaper tidak memerlukan banyak equipments atau barang lainnya. Yang terpenting dari semua itu adalah lem atau perekat yang digunakan untuk merekatkan wallpaper pada dinding.

Memilih lem untuk wallpaper tidak bisa sembarang pasalnya wallpaper akan digunakan dalam jangka waktu lama sehingga lem harus mempunyai daya rekat dan kekuatan yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi lem untuk wallpaper yang bisa kamu pilih.

1. Lem Greatwall

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Lem wallpaper pertama yang kami rekomendasikan adalah merk Greatwall. Lem ini adalah lem wallpaper berteknologi tinggi yang ramah lingkungan. Lem ini cocok bagi semua jenis material wallpaper. Selain itu, ia pun praktis digunakan.

Ketika hendak digunakan, kamu hanya perlu menambahkan sedikit demi sedikit lem Greatwall ke dalam  wadah cat. Campurkan dengan air dan aduk cepat. Setelah itu, diamkan kurang lebih 10 menit sebelum kamu gunakan. Setelah lem tercampur rata dan mengental kamu bisa menggunakannya sekarang.

Kisaran harga: Rp 14.000 – Rp 25.000

2. Wallpac

Cek Harga di Shopee

Lem wallpaper berikutnya datang dari merk Wallpac. Lem wallpaper yang dikemas dengan kemasan 125 gr/bungkus ini merupakan lem dengan kualitas yang bagus. Ia bisa digunakan untuk semua jenis wallpaper. Dan, daya rekatnya tahan lama.

Wallpac berbentuk serbuk. Untuk menggunakannya kamu tinggal menaburkan serbuk lem ke dalam wadah dan campurkan dengan air. Tambahkan 8 liter air untuk 125 gr serbuk lem. Aduk cepat sebelum lem menggumpal. Diamkan lem yang sudah dicampurkan dengan air selama kurang lebih 10 menit.

Rasio air dan serbuk lem wallpac itu bukannya takaran yang mutlak. Kamu bisa menyesuaikan kekentalan sesuai keinginan. Jika ingin cairan lem yang sedikti encer, kamu dapat menambahkan air lebih banyak. Namun, jika ingin sedikit lebih kental, kurang jumlah airnya.

Kisaran harga: Rp 20.000 – Rp 30.000

3. Wall Pro

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cari lem wallpaper dengan harga ekonomis? Kamu harus cari dari merk Wall Pro. Lem wallpaper ini merupakan lem yang dibanderol paling murah di antara lem wallpaper lainnya. Namun, kualitasnya tidak buruk kok. Daya rekatnya bagus dan cukup tahan lama.

Wall Pro dapat digunakan untuk menempelkan lima gulung wallpaper berukuran standar. Ada kelebihan lain yang dimiliki oleh lem ini yang bisa kamu jadikan pertimbangan, yaitu lem ini diklaim terbuat dari bahan anti-bakteri sehingga aman dari jamur yang mungkin timbul saat dinding lembap.

Kisaran harga: Rp 13.500 – Rp 30.000

4. Lem Good Wall

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Lem wallpaper merk juga merupakan salah satu yang terbaik. Merk ini mendapat testimoni dan respon positif dari pelanggan di pasar online.

Lem wallpaper merk Good Wall mudah diaplikasikan dan tidak merusak lingkungan. Daya rekatnya kuat dan tahan lama. Serbuknya pun mudah larut di dalam air dan hemat. Satu bungkus lem good Will dapat diaplikasikan untuk 8-10 gulung wallpaper. Hemat, ya?

Kisaran harga: Rp 20.000 – Rp35.000

5. Quelyd SE Bostik

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Quelyd SE bostik merupakan lem wallpaper yang diimport dari Eropa. Ia paling cocok untuk merekatkan wallpaper vinyl. Kualitasnya terjamin dan harganya ekonomis. Pasalnya lem ini tidak perlu ditambahkan dengan lem putih lagi sebab komposisi bahannya sudah mengandung perekat yang kuat.

Lem ini pun bisa disimpan beberapa hari. Kamu tidak perlu lem akan mongering sebelum pengerjaan selesai. Pasalnya ia dapat tahan sampai 3-4 hari di dalam suhu ruangan. Oh ya, lem ini punya bahan anti-bakteri yang dapat mencegah timbulnya jamur pada dinding yang lembap.

Kisaran harga: Rp 25.000 – Rp 73.000

Itu dia jenis-jenis wallpaper dan lem untuk merekatkannya yang bisa kamu beli. Produk-produk tersebut dapat kamu cari di toko-toko online maupun offline. Harganya bervariasi. Sebagai acuan, kamu bisa lihat keterangan kisaran harga yang terlampir di atas.

Semoga informasi di atas dapat menjadi pertimbangan dalam memilih jenis wallpaper bagi interior ruanganmu ya. Ruangan yang nyaman dan indah tentu bikin betah. Kamu jadi lebih semangat beraktifitas jika berada di ruangan dengan suasana baru.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *