Bukan Hanya Aki, Ini 3 Penyebab Electric Starter Motor Susah Bekerja

Suara.com – Kehadiran electric starter adalah inovasi seru bagi kegiatan bersepeda motor. Pasalnya dengan peranti pendukung ini, pemotor tidak perlu lagi susah payah menyepak atau melakukan starter dengan kaki alias kick starter.

Namun sayangnya, electric starter ini juga seringkali bermasalah. Saat masalah terjadi, aki motor kerap menjadi sasaran para pemilik motor dalam menyatakan kekesalannya.

Padahal seperti dikutip dari Wahana Honda, ada tiga penyebab paling umum yang menjadi faktor electric starter tidak dapat berfungsi alias tidak mau menyala.

Berikut adalah tiga penyebab electric starter tidak bisa berfungsi dan solusinya:

Baca Juga: Mari Modifikasi CVT, Agar Tarikan Motor Matik Makin Dahsyat

Tombol starter otomatis pada setang sepeda motor [Envato Elements/Vladdeep].
Tombol starter otomatis pada setang sepeda motor [Envato Elements/Vladdeep].

1. Switch Starter

  • Switch starter adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan dan memutus arus listrik pada kendaraan secara tidak langsung. Komponen ini bisa menjadi faktor utama penyebab electric starter tidak bisa digunakan.
  • Cara paling mudah untuk mengecek apakah ada kendala berasal dari komponen ini adalah menyambungkan kabel antara switch starter. Apabila mendengar bunyi seperti ” krek krek”, maka bisa jadi itu pertanda bahwa electric starter motor dalam keadaan yang tidak prima.
  • Bisa karena rusak atau mungkin terlalu kotor dan perlu dibersihkan.

2. Dinamo Starter

  • Meski kemungkinannya terlalu kecil, namun komponen dinamo ini juga bisa jadi faktor yang menyebabkan electric starter motor sulit untuk dinyalakan. Ini bisa terjadi karena dinamo rusak yang biasanya dipicu oleh korsleting, terputus atau sejenisnya.
  • Solusi utama untuk mengatasi permasalahan ini adalah mengganti arang kumparan yang terpasang pada dinamo.
  • Sayangnya, untuk pemasangan arang kumparan membutuhkan usaha yang sedikit lebih ekstra. Jika tidak begitu paham atau bahkan tidak bisa melakukannya, lebih baik membawanya ke bengkel dan biarkan teknisi profesional yang mengerjakan.

3. Bendik

  • Terakhir ada bendik yang bisa menjadi faktor pemicu electric starter sulit dinyalakan. Komponen ini memiliki fungsi utama untuk menyambungkan arus listrik yang dikirim oleh aki ke dinamo starter.
  • Jika terdapat kendala pada komponen ini, arus listrik yang seharusnya disalurkan ke dinamo tidak akan terhubung dengan baik akibatnya mesin kendaraan pun tidak dapat menyala.
  • Jika mengalami kendala pada komponen ini, biasanya saat dilakukan starter akan terdapat bunyi berisik seperti “cetak cetak”.
  • Kerusakan bendik ini seringkali disebabkan oleh bagian kutubnya yang kotor dan menjadi penghalang bagi arus listrik dari aki.
  • Untuk itu solusinya adalah dengan membersihkan bagian ini, agar dapat berfungsi optimal seperti semula.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *