Schalke pecat sejumlah anggota manajemen termasuk pelatih Gross

Jakarta (ANTARA) – Tim raksasa Jerman yang sedang tidur Schalke 04 memecat sejumlah anggota manajemen termasuk pelatih Christian Gross setelah terjadi pembangkangan oleh para pemain dan kekalahan ke-16 di liga yang membuat mereka terperosok semakin dalam.

“Keputusan itu menjadi tidak terhindarkan lagi setelah hasil-hasil melawan Dortmund dan Stuttgart,” kata ketua Schalke Jens Buchta dalam pernyataannya seperti dikutip AFP.

“Tim saat ini berutang kesuksesan semaksimal mungkin pada sepertiga akhir musim kepada klub dan para penggemar,” tambahnya.

Baca juga: Leipzig bangkit dari ketertinggalan dua gol untuk tundukkan Gladbach
Baca juga: Bayern akhiri krisis kecil dengan menang besar 5-1 atas Cologne

Pelatih Gross, direktur olahraga Jochen Schneider, dan koordinator tim Sascha Riether dibebas tugaskan pada Minggu.

Asisten Gross, Rainer Widmayer, dan pelatih kebugaran Werner Leuthard juga didepak.

Langkah itu diambil saat Schalke menghuni posisi juru kunci di klasemen liga dan terpaut sembilan poin dari zona aman. Schalke juga baru mencatatkan satu kemenangan dari 23 pertandingan liga musim ini.

Setelah sempat berpartisipasi di Liga Champions dua musim silam, Schalke kini berada di ambang terdegradasi untuk pertama kalinya sejak 1988.

Baca juga: Catatan kemenangan beruntun Frankfurt berakhir di kandang Bremen
Baca juga: Marco Reus: Erling Haaland seperti mesin untuk Dortmund

Pembangkangan pemain

Gross baru dua bulan menukangi Schalke, setelah mengambil alih posisi tersebut dari pelatih sementara Huub Stevens pada akhir Desember. Pria Swiss 66 tahun itu merupakan pelatih keempat Schalke musim ini.

Kemenangan pada pertandingan kedua di bawah kepelatihannya membuat Schalke terhindar dari rekor 31 pertandingan tanpa kemenangan, namun Gross tidak mampu menahan keterpurukan timnya lebih jauh.

Kemenangan 4-0 atas Hoffenheim merupakan satu-satunya kemenangan yang diukir Gross dalam sepuluh pertandingan liga, ketika Schalke tetap terpuruk di dasar klasemen.

Sejumlah laporan media Jerman mengatakan para pemain melakukan pembangkangan terhadap Gross menjelang pertandingan Sabtu (27/2).

Koordinator tim Riether sempat berupaya menepis rumor tersebut, dengan mengatakan bahwa “merupakan hal yang normal jika para pemain merasa kecewa,” namun membantah anggapan terjadinya “revolusi” di ruang ganti.

Baca juga: Direktur olahraga Schneider tinggalkan Schalke akhir musim ini
Baca juga: Jadwal Liga Jerman: Schalke akan jamu pemuncak klasemen Bayern Munich

Schalke sendiri terlihat telah berusaha membangun ulang kekuatan tim untuk divisi kedua.

Mereka memberikan tugas-tugas penanganan skuat kepada direktur peminjaman pemain Mike Bueskens dan direktur pemain muda Peter Knaebel.

Knaebel sekarang akan bertanggung jawab sepenuhnya dengan dukungan dari Bueskens, Norbert Elbert, dan Gerald Asamoah.

Klub asal Gelsekirchen itu juga belum menunjuk pengganti Gross sebagai arsitek tim.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *