Setelah keretaapi, GeNose bakal diterapkan pada transportasi laut dan udara

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan penerapan alat pendeteksi Covid-19 karya anak bangsa GeNose pada transportasi laut dan udara. 

Untuk mempersiapkan penerapan GeNose itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan peneliti UGM pada Selasa (23/2).

“Di keretaapi, animo masyarakat untuk menggunakan GeNose sangat bagus dan saat ini para pemangku kepentingan di sektor perhubungan laut dan udara juga menginginkan penggunaan GeNose,” kata Budi. 

“Tentunya, akan kami lakukan dengan hati-hati,” ujar dia, seperti Kontan.co.id kutip dari laman resmi Kemenhub.

Menurut Budi, perlu penerapan GeNose di simpul-simpul transportasi agar masyarakat mendapatkan akses terhadap alat pendeteksi (screening) Covid-19 yang lebih terjangkau. Sehingga, bisa mengurangi potensi penularan saat menggunakan transportasi umum.

Baca Juga: Ini 8 stasiun KAI yang sediakan layanan GeNose C19dengan tarif Rp 20.000

Rencananya, penggunaan alat deteksi GeNose di Pelabuhan Tanjung Priok pada akhir minggu ini secara acak. 

Penerapan mulai 1 April

Sementara untuk sektor udara, penerapannya baru mulai 1 April 2021 karena ada beberapa hal yang harus melalui pembahasan lebih lanjut secara teknis operasionalnya.

Budi menjelaskan, penerapan pemeriksaan melalui GeNose di sektor keretaapi bisa menjadi pembelajaran yang baik bagi para pemangku kepentingan di sektor perhubungan laut dan udara. 

Ia pun meminta direktur jenderal (dirjen) perhubungan udara dan dirjen perhubungan laut untuk mempersiapkan mekanisme dan SOP-nya, menyesuaikan dengan regulasi yang ada di kedua sektor tersebut.

Baca Juga: Berbeda dengan rapid antigen, Jubir vaksinasi Covid-19 sebut GeNose bersifat skrining

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *