Perbaikan Rel di Kedunggedeh Belum Tuntas, Tujuh Perjalanan KA Pagi Batal Berangkat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Imbas banjir akibat meluapnya sungai Citarum dan Cibeet berdampak terputusnya jalur kereta api di Stasiun Kedunggedeh dan Stasiun Lemah Abang.

Kerusakan yang dialami rel di petak jalur tersebut cukup parah. Lapisan batu balas tergerus air dan di sejumlah titik ada bagian rel yang menggantung.

Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi I Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan sampai dengan saat ini tim prasarana Daop 1 Jakarta masih terus berupaya maksimal melakukan proses perbaikan untuk menormalkan kembali jalur tersebut dengan memperbaiki kembali geometri jalan kereta api melalui pengisian lapisan batu balas di bawah bantalan jalur rel dan pemadatan lapisan batu balas dengan menggunakan alat berat disepanjang lokasi yang terdampak banjir.

“PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa KA yang terkena dampak cuaca ekstrem sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA yang terganggu,” ujar Eva dalam pernyataannya yang diterima Tribun, Selasa(23/2/2021).

Baca juga: Jokowi: Jangan Biarkan Api Membesar Sehingga Sulit Dikendalikan

Kata Eva, melihat kondisi yang ada serta mempertimbangkan keselamatan, beberapa perjalanan KA dari Jakarta akan dilakukan pembatalan kembali khususnya untuk 7 keberangkatan KA pagi hari.

Berikut Daftar Pembatalan KA dari Daop 1 Jakarta keberangkatan pagi hari:
Pasar Senen
1. KA 292 Bengawan (Pasar Senen-Purwosari) keberangkatan pukul 06.30 WIB
2. KA 130 Dharmawangsa (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi) keberangkatan pukul 08.50 WIB
3. KA 320 Tegal Ekspres (Pasar Senen-Tegal) keberangkatan pukul 09.20 WIB
4. KA 302 Serayu (Pasar Senen-Purwokerto) keberangkatan pukul 09.30 WIB

Stasiun Gambir
1. KA 38 Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) keberangkatan pukul 06.50 WIB
2. KA 2 Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi) keberangkatan pukul 08.00
3. KA 10A Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan) keberangkatan pukul 08.30

Baca juga: Vicky Prasetyo Datang Temui Ayah Kalina Oktarani dan Umumkan Pernikahan Tanggal 13 Maret 2021

Sementara untuk keberangkatan 8 KA lainnya pada sore dan malam hari dari Daop 1 Jakarta akan diinformasikan kembali dengan melihat kondisi proses perbaikan jalur rel di lokasi yang terdampak banjir.

Selain pembatalan perjalanan KA jarak jauh dengan jadwal keberangkatan pagi hari, 4 perjalanan KA Lokal relasi Cikarang – Purwakarta (PP) yang operasionalnya melintasi jalur tersebut juga dibatalkan.

Bagi pelanggan KA yang telah memiliki tiket keberangkatan pagi hari tanggal 23 Februari 2021 dari Gambir maupun Pasar Senen dapat melakukan pembatalan tiket di loket pembatalan stasiun.

Calon penumpang juga diberikan waktu sampai dengan 30 hari kedepan untuk pembatalan tiket KA yang terdampak pembatalan akibat banjir, dengan pengembalian 100 persen.

Persyaratan untuk pembatalan tiket di loket stasiun, calon penumpang diwajibkan membawa tiket KA dan ID asli calon penumpang. Untuk calon penumpang yang memiliki kode booking yang sama dapat dilakukan pembatalan oleh salah satu calon penumpang dengan membawa foto copy ID penumpang yang lain.

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan [email protected] dan Sosial media @keretaapikita @kai121_1. (Willy Widianto)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *