Jokowi optimistis bendungan jadi kunci kemakmuran NTT

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Presiden Joko Widodo optimis pembangunan bendungan menjadi kunci kemakmuran Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Jokowi, pembangunan bendungan  menjadi permintaan masyarakat NTT. Pasalnya kekeringan menjadi masalah utama di NTT.

“Setiap saya datang ke NTT awal-awal selalu yang diminta adalah bendungan, yang diminta adalah waduk dan permintaan itu adalah betul. Jangan minta yang lain-lain karena kunci kemakmuran di NTT ini adalah air,” ujar Jokowi saat meresmikan Bendungan Napun Gete, Selasa (23/2).

Keberadaan sumber air akan mendorong perekonomian masyarakat NTT. Pasalnya daerah tersebut dinilai memiliki potensi di sektor peternakan dan pertanian.

Baca Juga: Kemiskinan jadi alasan Jokowi bangun food estate di NTT

Adanya sumber air akan menumbuhkan pohon yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Jokowi bilang sebelumnya sapi asal NTT diekspor hingga ke Hongkong.

“Sumba Tengah dulunya banyak ekspor sapi dari sana, ekspor sapi ke Hongkong. Kok berhenti? Ya karena memang kecukupan airnya kurang,” terang Jokowi.

Selain peternakan, NTT juga akan didorong menjadi lumbung pangan. Sebelumnya Jokowi juga meninjau lokasi lumbung pangan atau food estate di Sumba Tengah, NTT.

Terdapat lahan seluas 5.000 hektare (ha) yang akan dikembangkan hingga 10.000 ha. Nantinya lahan tersebut akan ditanami oleh padi serta jagung.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *