Komponen Motor Harus Ganti Saat Terkena Banjir? Ini Estimasi Biayanya

Suara.com – Banjir yang tengah melanda di Jakarta dan sekitarnya, membuat beberapa warga harus menyelamatkan motor mereka agar tidak mengalami kerusakan.

Biasanya beberapa komponen motor yang terkena banjir lambat laun akan mengalami kerusakan. Oleh karenanya, sesegera mungkin motor yang terkena banjir dibawa ke bengkel.

Jika tidak, bisa-bisa umur motor tidak akan bertahan lama. Estimasi yang dikeluarkan untuk biaya servis pun bermacam-macam tergantung kerusakan.

Untuk kerusakan ringan, estimasi yang dikeluarkan sekitar Rp 90 ribu hingga Rp 150 ribu. Tapi jika kerusakan berat, dana yang dikeluarkan pun bakal membengkak.

Baca Juga: Banjir di Cipinang Melayu Surut, Barang Elektronik Warga Banyak yang Rusak

Beberapa komponen motor yang sering terjadi kerusakan antara lain busi, filter udara, ECU, dan yang lainnya.

Lalu berapa estimasi jika komponen tersebut harus diganti? Berikut beberapa estimasi harga komponen motor yang wajib ganti ketika terkena banjir, menurut hasil pantauan dari beberapa toko daring di Tanah Air.

1. Busi

Ilustrasi busi motor (Yamaha Indonesia)
Ilustrasi busi motor (Yamaha Indonesia)

Harga busi di beberapa toko online pun bermacam-macam mulai dari Rp 12 ribu hingga Rp 90 ribu tergantung merek yang dipilih.

2. Filter Udara

Baca Juga: Selamatkan Diri dan Barang, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Banjir

Ilustrasi filter udara (Astramotor)
Ilustrasi filter udara (Astramotor)

Filter udara yang terkena banjir harus diganti agar tidak merembet kemana-mana. Harga filter udara pun bermacam-maca mulai dari Rp 24 ribu hingga Rp 300 ribuan.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *