7 Ciri Mobil Bekas Banjir, Waspadai Harga Murah saat Membelinya

Suara.com – Tahukah Anda tidak sedikit mobil yang dijual murah adalah mobil ‘korban’ dari banjir? Meski tidak semua mobil yang dijual murah adalah mobil bekas banjir, tapi hal ini sering terjadi. Untuk itu Anda wajib paham benar ciri mobil bekas banjir, agar tidak mendapat barang zonk.

Untuk Anda yang tengah berburu mobil bekas, tentu akan tertarik ketika mendengar kabar mobil dengan harga murah tentu jadi godaan tersendiri. Apalagi jika mobil tersebut memang tipe yang Anda incar, tentu akan semakin tinggi godaannya, tapi ada baiknya Anda memperhatikan apakah mobil incaran tersebut adalah mobil bekas banjir atau bukan.

Simak ciri-ciri mobil bekas banjir berikut agar bisa jadi pertimbangan Anda membeli mobil bekas:

Ciri Mobil Bekas Banjir

Baca Juga: Tips Jual Mobil Bekas Agar Cepat Laku, Perhatikan 6 Hal Ini!

  1. Alat elektronik di dalam mobil bermasalah, mulai dari perangkat hingga sistem kelistrikannya.
  2. Terdapat endapan lumpur di sudut-sudut interior dan bagian mesin yang tersembunyi.
  3. Terdapat campuran air di dalam oli mesin mobil karena air banjir masuk ke bagian penampungan.
  4. Terdapat karat yang terlihat baru di berbagai sisi mobil.
  5. Mobil memiliki bau tidak sedap. Meski hal ini bisa diatasi dengan mencuci mobil hingga bagian interior, namun Anda tetap harus memastikannya.
  6. Pastikan daerah asal mobil, jika berasal dari area yang terkena banjir, Anda harus semakin cermat dalam menelitinya.
  7. Harga yang terlalu murah. Karena ingin lekas dijual dan dicairkan, biasanya mobil bekas banjir dipatok dengan harga yang sangat rendah.

Cukup mudah diterapkan bukan sebelum memutuskan membeli mobil bekas?

Alasan Utama Menjual Mobil Bekas Banjir

Mobil ‘korban’ banjir sendiri banyak dijual karena berbagai alasan. Misalnya saja, memang membutuhkan uang dengan cepat agar dapat memiliki modal kembali. Atau, biaya servis yang terlalu tinggi jika ingin mengembalikannya ke kondisi normal. Atau alasan lain adalah bahwa mobil tak lagi bisa berada dalam kondisi 100% karena terjadi kerusakan permanen pada bagian tertentu di mobil.

Dua alasan yang belakangan disebut wajib jadi perhatian utama dari Anda yang tengah memburu mobil bekas. Jangan sampai niat Anda mendapatkan barang dengan harga terjangkau justru menjebak Anda pada kondisi kehilangan banyak uang guna mengembalikan kondisi mobil tersebut.

Memahami ciri mobil bekas banjir perlu menjadi pengetahuan mendasar agar Anda tidak merasa tertipu. Setidaknya, jika memang Anda telah mengambil pilihan mobil dengan harga terjangkau, Anda memahami resiko yang harus ditanggung. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda ya!

Baca Juga: Best 5 Oto: Lowongan Kerja Elon Musk, Cukur Mewah Bonus Harley-Davidson

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *