BMKG: Waspada Hujan Lebat di DKI Jakarta Hingga 24 Februari

Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi seluruh wilayah DKI Jakarta berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga Rabu, 24 Februari 2021. Warga diimbau tetap waspada terhadap potensi banjir.
 
“Akan meningkat kembali menjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi pada tanggal 23 sampai dengan 24 Februari 2021,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangan tertulis, Minggu, 21 Februari 2021.
 
Baca: BMKG: Jakarta Utara Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Kilat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Menurut Dwikorita, hujan mengguyur seluruh wilayah DKI Jakarta terutama pada malam hari. Kondisi ini diperkirakan terjadi pada dini hingga menjelang pagi.
 
“Pada Minggu, 21 Februari 2021, intensitas hujan cenderung melemah menjadi intensitas rendah hingga Senin, 22 Februari,” ujar Dwikorita.
 
Dia minta seluruh pihak meningkatkan kewaspadaan potensi hujan lebat. Kondisi cuaca ini dapat berpotensi memicu banjir dan longsor di wilayah DKI Jakarta pada Selasa, 23 Februari hingga Rabu, 24 Februari 2021.
 
“Ini merupakan waktu-waktu yang kritis dan perlu diwaspadai,” ujar Dwikorita.
 
Sebelumnya, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini pada 18-19 Februari 2021 yang menyebutkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) diprediksi diguyur hujan. Intensitasnya lebat hingga sangat lebat dengan curah hujan antara 100-150 mm.
 
Berdasarkan data yang dihimpun BMKG, tercatat curah hujan tertinggi terjadi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mencapai 226 mm/hari. Kemudian di Sunter Hulu, Jakarta Utara, 197 mm/hari, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 154 mm/hari dan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, 176 mm/hari.
 
(ADN) Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *