Banjir di Benhil Disebabkan Luapan Kali Krukut

Jakarta: Banjir menggenangi dua rukun warga (RW) di Bendungan Hilir (Benhil), Tanah Abang, Jakarta Pusat. Genangan itu terjadi akibat luapan kali Krukut.
 
Salah seorang warga, Sarwan, 45, mengatakan banjir terjadi sejak pukul 02.00 WIB. Kondisi banjir yang cukup tinggi membuat sebagian warga ada yang mengungsi.
 
“Luapan kali Krukut cukup besar juga jadinya jalan dan permukiman terkena dampak banjir dengan kedalaman 70 sentimeter hingga 1 meter,” ujar Sarwan di Benhil, Jakarta, Sabtu, 20 Februari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sementara itu, Lurah Benhil, Rida Mufrida, mengatakan genangan di Jalan Benhil Raya dan permukiman sekitarnya mulai berlangsung sejak pagi. “Ketinggian air genangan mencapai 80 sentimeter,” kata Rida.
 
Rida menjelaskan debit air di Jalan Benhil Raya dan sekitarnya sempat menurun. Namun, ketinggian air kembali naik saat pintu air Manggarai dibuka dan masuk ke dalam aliran kali Krukut.
 
Baca: Curah Hujan Tinggi dan Banjir, Anies Klaim Situasi Jakarta Terkendali
 
Permukiman yang terendam di kawasan Benhil, yakni rukun warga (RW) 01 meliputi rukun tetangga (RT) 5 hingga 9 dan RW 03 di RT 5.
 
Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat, Glen Santista, mengatakan empat pompa mobile dikerahkan untuk menyedot air luapan kali Krukut tersebut. Pompa tersebut berkapasitas 350 liter per detik.
 
“Di sini ada dua unit pompa stasioner di rumah pompa Pasar Benhil masing-masing berkapasitas 500 liter per detik,” ujar dia.
 
(AZF) Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *