Mengaspal di Musim Hujan, Apakah Tekanan Ban Mobil Perlu Disesuaikan?

Suara.com – Saat ini, sebagian besar wilayah Indonesia tengah mengalami musim penghujan. Bagi para pengguna kendaraan bermotor, utamanya dalam bahasan ini adalah mobil, perlu lebih ekstra hati-hati saat melintas di jalan.

Nah, salah satu komponen yang bekerja lebih ekstra dari biasanya adalah ban mobil. Ban mobil yang tidak dalam kondisi prima seperti kurangnya tekanan angin tentu dapat membahayakan aktivitas mengemudi saat hujan ini.

Pertanyaannya, apakah perlu penyesuaian ulang tekanan ban mobil saat memasuki musim hujan?

Seperti dikutip dari Auto2000, saat sebuah mobil melaju di permukaan aspal yang kering, maka traksi akan tercipta dengan baik. Daya cengkeram keempat ban juga tak perlu diragukan.

Baca Juga: Cara Aman Lewati Banjir Namun Tak Melanggar Polis Asuransi

Ilustrasi hujan - (PIxabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi hujan – (Pixabay/PublicDomainPictures)

Namun jika kondisi hujan dan permukaan jalan basah maka agak beda ceritanya.

Kehadiran air pada permukaan aspal akan mengurangi kemampuan cengkeram ban terhadap jalan. Jika mobil melintas di atas jalan yang terdapat genangan air, tak jarang terjadi aqua planning.

Jika demikian memang traksi keempat ban menjadi tidak sebaik ketika kondisi jalanan kering. Ada yang menyebut bahwa tekanan ban mobil yang terlalu tinggi, dapat membuat potensi tergelincir semakin besar saat hujan.

Memang ada pendapat yang menyebut bahwa dengan mengurangi tekanan angin di keempat ban, bisa membuat traksi mobil di permukaan jalanan basah lebih baik.

Ditambah suhu yang lebih rendah, menjadikan toleransi bagi ban yang dikurangi anginnya tadi.

Baca Juga: Bermotor di Musim Hujan, Ini Piranti Bikers yang Wajib Disiapkan

Akan tetapi kemampuan traksi ban saat kondisi hujan tidak bergantung pada besar kecilnya tekanan angin. Melainkan dari kedalaman alur ban dan kembangan ban yang digunakan.

Karena kemampuan atau performa traksi ban saat jalanan basah tak bergantung pada pengurangan tekanan angin, pemberian tekanan angin yang paling pas untuk mobil adalah tak perlu dikurangi apalagi ditambah.

Saat musim hujan tiba seperti saat ini, cukup mengikuti anjuran tekanan ban dari pabrikan yang biasanya sudah tertera pada bagian pintu pengemudi.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *