Foto: Momen Jokowi Resmikan Bendungan Tapin di Kalsel

Tapin: Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Tapin yang berada di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis, 18 Februari 2021.

Bendungan tersebut dibangun sejak 2015 lalu dan menghabiskan dana pembangunan sebesar Rp 986 miliar.

Jokowi menyebut, bendungan ini memiliki kapasitas 56,7 juta meter kubik air.

Selain itu, Bendungan Tapin juga memiliki peran penting dalam mengendalikan banjir dan memperkuat ketahanan pangan sebab bisa memberikan pengairan untuk 5.472 hektare lahan di kabupaten itu.

Untuk diketahui, sebelum diresmikan oleh Presiden, bendungan tersebut telah mampu memberikan dampak instan atas kehadirannya di wilayah tersebut. Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal, melaporkan bahwa bendungan yang merupakan proyek monumental di Kalimantan Selatan itu mampu mereduksi aliran banjir yang membuat Kabupaten Tapin menjadi satu dari sejumlah wilayah yang memperoleh dampak minim saat terjadi banjir beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara turut melakukan peninjauan fasilitas dan melakukan penebaran benih ikan patin, nila, gabus, dan papuyu di kawasan bendungan.

Hadir dalam acara peresmian Bendungan Tapin ini di antaranya ialah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal, hingga Bupati Tapin Muhammad Arifin Arpan. BPMI Setpres/Lukas

(KHL)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *